aliansi perguruan tinggi asean

baru selesai hari kamis yg, training utk 30 poli/pt dr indonesia, bersama dgn pt dari filipina, kambodja, thailand, dan malaysia. mereka berkumpul utk membahasa kurikulum di bidang it. selain itu mereka siapkan bbrp mt kuliah yg bisa di ambil olrh siapapun di asean yg sesuai dgn kebutuhan masing2 mhs, serta industri mereka.

tidak mudah menyatukan pendapat wakil dari 5 negara utk bersatu, langkah sudah di mulai, dlm wkt 1 bulanan mudah2an sdh ada kemajuan dan kesepakatan baru utk joijnt kurikulum dan joint pengajar serta joint ujian….

terutama mhs tkj, bisa mulai memikirkan dan mencoba beberapa mt kuliah dari bbrp poli pada semester 1 ataqu semester ke 2 yad.

bgmn pendapat anda?

Iklan

9 Tanggapan

  1. Maaf Pak GHP,

    Mengapa Korea dan India atau minimal Singapur nggak digandeng ?
    Setahu saya, mereka maju untuk urusan kurikulum, so bisa jadi nara sumber…

  2. Saya adalah mahasiswa TKJ Malang Joint Campus Batch 2 Program Beasiswa dari BPKLN, sangat ingin sekali mencoba joint kurikulum dari aliansi perguruan tinggi ASEAN.

  3. Ini terobosan lagi pak GHP. Saya pikir ini salah satu langkah nyata agar bangsa kita bisa berbicara minimal di level asean. Cuman saya kepikir sampai dimana ya .. cakupan joint curriculum tersebut. gimana standarisasinya ? apakah sama untuk semua negara yang join program ini ?

    salam
    syamsul, bppn

  4. Sebuah langkah maju, semoga didukung oleh semua elemen pendidikan di Indonesia, bukan malah menyerobot.

  5. Pak Gatot, selamat bertugas di tempat baru, seamolec. Saya yakin, dengan reputasi bapak selama ini, seamolec akan makin tampak molek dibawah pimpinan bapak.

  6. Program yang sangat baik pak, semoga setelah prog ini berhasil jangan direbut lagi oleh “org2 yang ga tau diri itu”. Senang rasanya berada di komunitas ini semoga teman-teman provider TKJ dapat menagkap maksud dn tujuan program ini. Amin

  7. semoga program ini dapat membuat lebih maju pendidikan bangsa ini….

  8. Semoga langkah maju ini dapat didukung oleh berbagai pihak untuk kemajuan bersama. Pendidikan di Indonesia sudah saatnya kurikulumnya sesuai/menyesuaikan dengan standar Internasional, setidaknya di kawasan ASEAN kita bisa menjadi leader lagi.
    Salam,

  9. Salam,
    Saya berpikir untuk meyatukan pt di Indonesia yg sangat beragam sj sulit, apalagi jika dimasukkan dlm Asean. Tapi pak Gatot pasti punya cara jitu untuk al itu.

    Untuk mhs TKJ, mereka sangat berpotensi hanya di beberapa daerah mereka banyak yang kesulitan dalam mengakses lab.komputer. Bayangkan mereka kuliah 1-2 minggu di provider kemudian pulang untuk magang di beberapa sekolah yang sayangnya hanya beberapa saja bisa menjadi teknisi komputer krn banyak yang hanya menjadi tenaga administrasi.

    Saya juga usul pak, bagaimana kalo Community College bidang IT yang sudah berjalan baik selama ini (dg PENS-ITS) dan telah menjalin kerjasama dengan Oracle bisa dimasukkan dalam program SEA.NET sehingga bisa lebih berkembang, dan beberapa mhs juga sdh puna link dengan CC di USA.
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: