sea scholl patnership mitra500/7000 seamolec

sea scholl patnership adalah program yg di coba di kembangkan oleh tim seamolec, dalam membantu sekolah yg bertaraf internasional, maupun sekolah yg berminat utk mempunyai patner di asia tenggara – 10 negara.

utk program ini, di mulai dgn negara thailand, vietnam, philipina utk thn 2008, kemudian akan kita kembangkan di tahun 2009, utk negara2 malaysia, singapura, laos, kambodja, myanmar, brunei, timorleste.

program ini di siapkan utk mendorong mobilitas siswa antar sekolah antar negara, sehingga siswa kita mulai dari jenjang smp, smk dan sma bisa punya patner di masing2 negara, dan bisa membuat program bersama di bawah bimbingan seamolec.

skema program, 3 – 4 hari, di mulai hari 1 dgn pre departure training di seamolec, kemudian hari ke 2 ke negara tujuan, hari ke 3 workshop bersama dgn sekolah patner di negara tersebut, dilanjutkan hari ke 4 mengunjungi sekolah patner, dan hari ke 5 workshop di kbri/tempat workshop yg di tentukan bersama membahas rencana masing2 pasangan sekolah dan di paparkan di depan tim seamolec serta kbri atau pemerintah setempat. hari ke 6 pulang ke indonesia.

diharapkan pasanga sekolah dari negara sahabat tsb, juga mengunjungi indonesia pada bulan berikutnya, tergantung kesepakatan bersama. utk saling mengetahui kwalitas sekolah maupun siswa serta bahan ajar .

dalam program bersama, di sarankan utk ada pertukaran guru, siswa, serta pembelajaran bersama yg memanfaatkan it, ataupun sistem satelit yg sedang di kembangkan oleh seamolec. tidak tertutup kemungkinan sekolah2 di indonesia dapat mendengarkan kuliah dari guru2 yg ada di malaysia, thailand atau vietnam.. atau negara lainnya..begitu juga sebaliknnya..

utk batch 1  negara thailand, terdapat 20 sekolah yg berkunjung ke thailand, pada tgl 24 – 30 november 2008, al. smk telkom sandy putra banyumas, smk muhammadyah 1 sukohardjo, smkn 1 blora, smkn 8 makasar, smkn 4 malang,  smon 1  banjarnegara, smp n 1 kendal, smp2 semarapura klungkung, bali, smpn 1 jakarta, smpn 1 jetis ponorogo, sma n 78 jakarta, sman 3 jakarta, sman 5 denpasar, sman2 semarapura,  sman1 ubud, sman 11 tabanan, sman 1denpasar, sman bangli, sman 8 jakarta, sman 28 jakarta.

batch ke 2 utk thailand akan di rencanakan akhir desember, dan kita rencanakan batc 3,4,5,6 utk tahun 2009, setiap 3 bulan sekali.

utk negara vietnam, direncanakan tgl 12 – 15 desember…peserta masih dalam proses pendaftaran, sedangkan utk negara filipina juga sedang dalam perundingan dgn kbri di manila serta penentuan waktunya sedang di proses bersama.

harapan kita patnership ini bisa disepakati antar sekolah selama 3 tahun, sehingga bisa kongkrit kerjasamanya serta patner yg aktif utk sekolah antar negara, dimana progres setiap tahun nya bisa di lihat bersama..

setiap sekolah wajib punya web yg mempunyai 2 bahasa, sehingga bisa di pelajari oleh patnernya masing2 apapun progres dari kerjasama ini..jangka panjang sekolah internasional bisa memperbanyak mobilitas siswa antar negara, sehingga siswa kita bisa dei perjalankan.

perubahan perilaku dan benchmarck  itu penting utk generasi yad, kelenturan dan siap menerima perubahan serta melihat kultur yg berbeda itu penting utk siap menjadi warga dunia…..

melalui program ini, yg kita dorong semuanya menjadi patner 500/7000 nya seamolec akan memperlancar internasionalisasi sekolah di asia tenggara, sesuai dengan harapan 11 menteri pendidikan yg selalu berkumpul setiap tahun, dimana thn 2009 akan bertemu di chiangmai bangkok.

mari bergabung dgn seamolec dengan program sea scholl patnership….silahkan lapor ke dinas propinsi masing2, kmdn kirim ke seamolec sekolah2 mana saja yg berminat ikut program tsb dlm thn depan.

atau kirim email ke secretariat@seamolec.org…atau usul di bawah ini sbg tembusannya….utk mempermudah komunikasi…

Iklan

11 Tanggapan

  1. Pak Gatot, program ini nanti akan kami infokan juga melalui workshop/seminar satu dasa warsa milis dikmenjur yg akan mulai digelar pebruari 2009, dgn tema peningkatan profesionalisme guru dgn penguasaan TIK dan bahasa asing untuk pendidikan yg bermutu, semoga bisa ikut mensukseskan sea scholl patnership mitra500/7000 seamolec

  2. Pak Gatot, sebuah kemajuan untuk sekolah-sekolah di Indonesia untuk bisa bekerja sama dengan sekolah-sekolah yang ada di Asean. Tentunya ini berkat Pak Gatot dan teman-teman di Seamolec.
    Sekolah kami berada di wilayah Propinsi Sulawesi Utara. Yang menjadi pertanyaan adalah “berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh sekolah untuk bisa bergabung?”
    Terima kasih atas responnya…

  3. Ide bagus untuk pendidikan di Indonesia. Mudah-mudahan temanku dari ( SMP 2 Kendal ) bukan SMP 1 Kendal bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi teman-teman di Kendal.

  4. Ap SD juga bisa ikut?
    SD kami sudah bekerjasama dengan yayasan Tzu Tzi.
    Tpi bagus juga klo bisa gabung.

  5. p widodo, sd silahkan bergabung klo berminat sbg pionir…

  6. Pak apakah sekolah saya boleh ikut bergabung program ini tks

  7. bu emilia, silahkan saja gabung dgn program ini, awal januari akan kita infokan ke seluruh propinsi yg berminat…

  8. Pak Gatot, mohon infonya lebih lanjut mungkin SMKN 2 Wonosari Gunungkidul juga berminat gabung dalam program tersebut. Thanks

  9. Wah, pak GHP makin top aja. Ide yang luar biasa. Kami dari SMK Negeri 4 Denpasar pingin daftar. Kira-kira biayanya berapa ya… . Tq

  10. p jarot, tergantung negaranya, penerbangan at cost, selama 6 hari all ini antara 400 – 500 us $; ndaftar ke widiarta di propinsi bali aja utk hal tersebut…, dan cek ke sman 5 denpasar kepsek nya ketemu saya di bangkok..

  11. Sebagai kepala sekolah, saya sangat tertarik dengan bentuk ini. Sudah lama saya ingin menjalin partnership dengan sekolah-sekolah lain di ASIA. Informasi lain tentang kami, bahwa kami sudah memiliki (merakit) peralatan CCTV menjadi CCLTV Tele Conference dan terkoneksi dengan internet serta dapat dipakai secara on line. Kami sudah memiliki 2 kelas bilingual versi kami, buka direktorat atau tingkat Kota/Propinsi. Setelah kami kuat baru kami minta diakui sebagai RSBI. Untuk menuju kesana beberapa langkah konkritnya sudah kami persiapkan, termasuk peralatan CCLTV Tele conference. Mungkinkah kami memperoleh kunjungan mitra untuk mengetahui peralatan CCLTV Tele Conference ini. Alat ini dihasilkan hanya dengan dana kurang lebih Rp. 30 juta rupaih. Yang berminat hubungi kami pada alamat email kami. Thanks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: