sekolah bersih

dear all,
menyedihkan memang , karena kita tidak care terhadap kebersihan kampus, padahal kebersiaha kampus adalah bagian dari pada pendidikan atitude dari para siswa maupun gurunya, gmn rumah akan bersih, bila di sekolah wc nya jorok dan sedikit…
menurut pus jas, rasio wc terhadap murid laki klo ndak salah 1 :3o utk putra, dan 1 :20 utk putri…jadi klo sekolah punya 1000 siswa, dan putrinya 600 ya logikanya wc nya 30 wc..klo utk pria 400 ya 13 wc,…dan terebar di bbrp lokasi…( rasio ini mesti dicek lagi..)
kecenderungan sekarang wc di kecilin, dan airnya tidak cukup, sehingga , amoniaknya kemana2..:). .

bagaimana kita akan bersih , bila wc kita aja tidak bersih, apalagi rumah kita…:; satu sekolah di taiwan yg pernah kita kunjungi, ada namanya piket kebersihan setiap jan 6 30 – 7 00 utk seluruh siswa…artinya 2000 siswa yg ada di sekolah tersebut, menyisir halaman dan ruangan kelas serta tangga dan wc nya utk di bersihkan bersama, sehingga sekolahnya bersih kaya rumahsakit yg bersih…(krn banyak rumah sakit yg jorok juga)…
kita tanya knp dilakukan spt itu tiap hari..?
jawaban direkturnya. ..kebersihan adalah bagian dari pada pendidikan, bila sekolahnya bersih, dan mereka tahu bgmn membersihkannya, maka pada saat mereka kerja rasa kebersihan ini akan di kembangkan di tempat kerjanya..danhati anak2 itu kita didik utk bersih dari kotoran2 yg ada minimal di sekolahnya.. .

menarik juga filosophinya sekolah tersebut…dan ini artinya..banyak yg bisa kitalakukan utk kebersiahan di sekolah kita klo kita mau dan mau mikir serta mau melaksanakan. ..

beranikah kep sek menyuruh atau bikin aturan kebersiahan yg di ikuti oleh seluruh siswa, sehinga sekolahnya bersih..? dan wc nya juga di bersihkan oleh anak kita..sebagai bagian dari pembelajaran pembentukan karakter..? atau nilai ppkn..?
ini tantangan bersama…tapi bisa kita mulai…kan mottonya..:

smk bisa……dalam hal ini bisa bersihkah smk kita..? apalagi ada program uks dari pusjas yg setiap tahun di lombakan ke level nasional..?dan 11 menteri pendidikan asean juga sudah sepakat ttg penerapan program SEAWAVE ke sekolah2 di asean, dimana masalah air, hyegenis sekolah di bahas..dll.. ?

ayo kita buktikan smk bisa….

ghp

Iklan

9 Tanggapan

  1. copy dari email p benson..
    Di salah satu SMK terbesar di kota kami ada kejadian memilukan dan memalukan begini kisahnya:
    > Di SMK tersebut, disengaja kamar mandi dan WC guru/pegawai diposisikan ditengah kantor yang begitu besar sehingga dikelilingi kantor kasep, wakasek, kantor guru, tata usaha, Komite sekolah Perpustakaan dan gudang. selama 2 tahun tidak ada lampu penerangan padahal wc tersebut sangat gelap karena ditengah.pernah kami tanya kenapa dibuat ditengah? alasannya “karena guru malas menyiram agar aromanya sampe ke ruang guru; yah mau tak mau siap BAB dan BAK harus disiram”. kata mereka.
    > Bentuk WC tersebut juga aneh banget, ukuran satu bilik termenung hanya 80 cm x 60 cm sebanyak 4 bilik tanpa bak penampung air atau ember. lalu bak penampungan air agak jauh dan hanya ada 1 dan gayung harus bawa sendiri. yang paling aneh, gerendel pintu dipasang dari luar sehingga guru juga
    > sering terkunci di dalam oleh teman2nya yang usil atau siswa yang mau ngerjain guru.’siswa juga bebas kesana’
    >
    > Suatu hari pak RSH (guru) sedang BAB di bilik termenung 1, tetapi pintu memang ngak bisa terkunci dari dalam. Tiba-tiba pak MST ( guru) sangat SEPI (sesak pipis) sambil mempersiapkan BAK, langsung buka pintu bilik termenung dan langsung “semprot”…
    > karena gelap ngak kelihatan ada orang sedang termenung didalamnya.. . yahhhhh basah deh…. GURU KENCINGI GURU….
    > sekolahnya sekarang dapat akreditasi A plus….. dan sekolahnya Pra SSN tuh lho…..
    > kacian deh…..
    > Mendengar kejadian itu guru bila mau BAB atau BAK terpaksa ke Mall atau Plaza terdekat atau ke rumahmasing- masing mau BAB atau BAK, terpaksa ninggalkan sekolah.
    >
    > Kondisi seperti ini dah sejak dulu kata para guru di sana…….. …
    >
    > Mohon perhatian para pemerhati pendidikan.. …kasihan deh mereka.
    >
    >

  2. copy dari email p suryomenggolo

    setuju pak WC mwrupakan ukuran kebersihan.
    kalau suatu rumah ada tamu makan yang diukur WC nya. kalu bagus bersrti yang empunya rumah juga bersih. nah itu ukurannya, kalau sekolah kurang memperhatikan WC maka Kepala Sekolahnya dipertanyakan. sekarang banyak sekolah dasar direhap total, berkeramik. apakah WCnya sudah sebangus bangunan sekolahnya. atau bahkan ada sekolah dasar yang tidak punya WC. ini di jatim looo Pak.
    maaf Pak Gatot KGI MAdiun akam louncin tgl 28 Juni oleh walikota Madiun, undangan Ka PGR Kadiknas Kota, peerima Tamu Pak Gaguk, yang Kab masih belum bersedia mendukung KGI. (email umar bakri 2 mingg yll).
    wassalam

  3. email dari p djimmi gk.

    Re: [Maju,Cerdas&Kompetitif] sekolah bersih

    SAlam …..
    …………..menurut pus jas, rasio wc terhadap murid laki klo ndak salah 1 :3o utk putra, dan 1 :20 utk putri…jadi klo sekolah punya 1000 siswa, dan putrinya 600 ya logikanya wc nya 30 wc..klo utk pria 400 ya 13 wc,…dan terebar di bbrp lokasi…( rasio ini mesti dicek lagi..)……………..

    Jangankan WC bersih Pak …. WC satu sekolah aja hanya satu dan tak terawat terkadang air gak ada (khusus Guynungkidul lho …… moga2 yg lain gak ) Prihatin Ihikihik ….

    ……………menarik juga filosophinya sekolah tersebut…dan ini artinya..banyak yg bisa kitalakukan utk kebersiahan di sekolah kita klo kita mau dan mau mikir serta mau melaksanakan. …………..

    Sekolah kami sudah di mulai untuk meniru Jerman dalam penanganan sampah dg membagi 3 bagian yaitu : Sampah Organik, Sampah Botol dan ceples (bekas benda pecah) dan Sampah Plastik …. Juga dibangun ceroboing tempat membakar sampah berbentuk lingkaran dan di unakan un membakar sampah yg tidak bisa daur ulang

    Jabat Erat & Salam SMA juga bisa !
    UIAO

  4. Mestinya kebersihan itu diterapkan dimana-mana tidak hanya di sekolah. Bukankah agama kita selalu menganjurkan kebersihan. “Kebersihan adalah sebagian dari iman”. Layanan pendidikan yang baik termasuk juga layanan lingkungannya dan menjadi tanggung jawab bersama guru, siswa, atau pejabat sekolah.

    Cia Yhou Gerakan Sekolah Bersih 🙂

  5. “sekolah Bersih”

    guru adalah teladan….kalo guru rajin menjaga kebersihan pasti donk muridnya juga….masalah kekurangan Toilet….kan ada Pendidikan Teknologi Dasar….so teachers are invited tobe innovative” dan terpenting adalah aplikasi..”Pendidikan Lingkungan Hidup”….

    warm regards,
    Bijono

  6. Pertama berikan awareness, ke-dua tanamkan attitude, ke-tiga munculkan komitment. Mulai dari diri sendiri, bila semua warga sekolah memulai dari diri sendiri maka semua SMK bisa……………….do the best

  7. Yth Bapak-Ibu,

    Kebersihan dan kerapian, terutama WC bukan saja bagian dari pendidikan, tapi juga merupakan bagian dari manajemen institusi ybs.
    Orang2 tua dahulu mengajari kami menilai kinerja manajemen ga perlu sekolah tinggi2. Cukup lihat dan amati seluruh kamar kecil alias toilet nya…

    Di mana2 (sialnya juga termasuk di kantor gue) yg namanya manajemen mutu ISO-9001 merebak. Tapi sayang banget, bahwa semuanya itu ibarat orang punya SIM tapi ngga enthos mengendara….

    Bahwa sekarang ini sedang menggema yg namanya ESD (Education for Sustainable Development) tapi banyak orang yg ga tahu, bahwa aspek utamanya adalah LH, dimana fokusnya Energie dan Air…

    Akhirnya, karena alam sudah mengajarkan, maka muncullah pepatah “Der Fisch fängt vom Kopf an, zu stinken”. Ga usah diterjemahkan lah yaaa????
    Soalnya bisa bikin kuping merah warna….

    Wassalam

  8. aku suka sekolah yang bersih karena sklh yang bersih indah,udara sejuk,sehat,dll
    Saya wakilkan dari sekolah SDN LATSARI Tuban (SDN LATSARI juara 1 kebersihan sekolah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: