persiapan kompetensi kejuruan di asia tenggara

dear all, di dalam rapat hom tgl 24 november di bangkok, indonesia mengusulkan tentang persiapan kompetensi bersama di tingkat aasia tenggara, di tanggapi cukup serius ada yg pro dan kontra, biasa sesuatu yg tidk mudah.


bln juni ygl, mendiknas dan menteri pendidikan thailand dlm kunjungannya ke jogja , kadinas diy dan salah satu deputy kementrian tahiland dan seamolec, bersepakat utk menjajagi patnership antara thailan selatan dan diy, dimana seamolec sebagai fasilitaor dan menyiapkan sistem seaedunet/multicast nya agar 2 kelompok sekolah itu mudah berkomunikasi, dan utk tahap awal di siapkan antara 5 – 10 sekolah kejuruan.,
persipan di diy di lakukan dalam menyeleksi sekolah tersebut oleh diknas diy bersama seamolec, trtm infrastruktur it dan kesiapan mereka baik secara ketenagan maupun finasial;
tim indonesia- 1 dari diknas diy dan 2 dari seamolec pada bulan agustus ke thiland, bertemu dgn kementerian pendidikan dan menuju thai selatan utk melihat kesiapan sekolah di thailand juga serta jurusannya….
laporan detail sedang di siapkan bu anti..bisa di link ke http://www.seamolec.org/news.php?id=49
bln november rapat persiapan smk yg mau di patnerkan di diy, kita putuskan seamolec melatih  3guru dari 13 an smk pembelajaran berbasis it – web / moodle dan sistem multicast..(23 – 26) di lpmp jogja.., sehingga wkt berunding dgn mereka kita punya modal yg bisa ditukarkan dgn mereka dan bisa di terjemahkan dalam 2 bahasa..indonesia dan thai..utk guru dan siswa, sebagai tahap awal kerjasama..

tgl 23 nov , indonesia dalam sidang HOM SEAMEO mengusulkan “mutual recognition on vocational graduate” , di bahas cukup seru di sidang, dan DI SARANKAN OLEH WAKIL OLEH SIDANG, voctec di tugas bersama indonesia utk menyiapkan hal ini..utk di dalami dan di coba dalam waktu yg tidak terlalu lama .dan akan di laporkan persiapannya dalam sidang  menteri pendidikan asia tenggara akhir januari 2010 .

tgl 24 sore voctec, seamolec dan kementerian pendidikan thai menyusun jadwal pertemuan dan rundingan dgn depdiknas thailand , utk sinergi 10 smk mereka dgn 15 smk di indonesia, dan juga mengundang smk dari brunei, maupun dari philipina utk bisa berunding bersama pada tahap berikutnya., kerjasama ini di harapkan dapat memanfaatkan sistem seaedunet dan multicast dalam pertukaran materi pembelajaran, pertemuan awal antar kementrian dgn voctec dan seamolec  beserta ke 2 group konsorsium  sekolah vokasi ini di harapkan awal januari 2010 di songkla,  utk piloting menuju kompetensi level asean…..
dmkn info terakhir dari bangkok..semoga bermanfaat..:)..mari kita siapkan bersama…

Iklan

2 Tanggapan

  1. Selamat pagi pak….
    saya selalu membaca artikel bapak..dan kadang2 mengikuti seminar2 yang bapak sebagaipematerinya..
    jelas bahwa smk diharapkan sebagai ujung tombak pendidikan tingkat lanjutan ..karena diharapka siswa bisa bekerja dan malanjutkan kuliah….
    kami berharap dengan program ini bisa meningkatkan kualitas guru dan siswa pada umumnya…
    saya berharap khusus mekatronika disekolah kami juga bisa untuk sharing dengan sekolah2 di negara lain….
    kira2 persiapan apa saja yang yarus kita siapkan untuk mendukung program tersebut….
    trims

  2. Selamat pagi pak. dimonitor pak.
    komentar saya untuk sertifikasi tingkat asia, it’s good pak…
    Memang saya juga lihat kebanyakan smk didaerah akan kelabakan untuk menyesuaikan dengan standar yang diminta but, competision must go on. Paling tidak akan memacu adrenalin sekolah untuk maju.
    kedua, menjadi PR bagi pemerintah daerah dan sekolah untuk bagaimana meningkatkan kualitas pendidikannya.
    Ok pak sekolah kami kalau diperkenankan juga mau bergabung untuk be an ASIA.
    Salam.
    Rahmansyah
    Ka. SMKN 2 Pontianak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: