Pendidikan/training ganda 1 – 3 tahun utk mengurangi pengangguran

pengangguran adalah suatu masalah yg ada disetiap negara, karena kekurangan lapangan kerja, tidak sesuai permintaan tenaga kerja dgn kebutuhan lapangan serta kompetensi dari tenaga kerja yang di hasilkan oleh institusi pendidikan.
sekolah selain sebagai tempat utk belajar menuntut ilmu , bisa juga sebagai industri yg berfungsi meningkatkan kompettensi seseorang, bila di desain dan disiapkan dgn baik.
salah satu kebutuhan dunia kerja global adalah kemampuan seseorang serta kompetensi nya di bidang komunikasi dan pengetahuan it yg terkini.

dengan jumlah sekolah sebanyak lebih dari 230.000 sekolah, mulai dari sd sd slta dan pt, bisa di kembangkan minimal 230.000 lapangan kerja antara utk mendidik tenaga trampil dan mengurangi pengangguran.

thn 2010, kita ingin mencoba di jatim di 38 kab/kota dan 35 kab kota …maupun kabupaten lainnya yg siap dan ada yg mau menjadi pengurusnya..  dan bidangnya..bervariasi tergantung industri dan keperluan masyarakat nya…
tetapi yg jelas adalah peningkatan kompetensi it dan bahasa asing sebagai fondasi utk ilmu lainnya…

kita mikirnya bhs inggris 6 – 10 jam /minggu termasuk ngajar di sekolah maupun memberikan kursus di rumah, serta pelajaran it 6 – 10 jam/minggu idem dan bbrp kompetensi lainnya yg sesuai dgn kebutuhan pasar…

utk pendidikan 1 tahun, sertifikat yg bbrp trainingnya bisa di akui bbrp sks oleh politeknik, misalnya..bgt seteusnya utk tahun ke 2 dan ke 3, disesuaikan dgn kompetensi yg terakhir..
bila 1 sekolah dapat menerima siswa/mhs magang 5 orang, sambil kuiliah/training akan ada lebih 1 juta potensi lapangan kerja antara yg bisa disiapkan setiap tahun…

masalah timbul, siapa yg membiayai mereka, dan siapa yg bisa mengajar dgn baik mahasiswa sebanyak itu, dan bidang kompetensi apa yg sesuai dgn kebutuhan terakhir di dunia industri…?

sistem pendidikan atau training on line atau jarak jauh beserta ujian di setiap kabupaten yg kredibel, mungkin sebagai salah satu solusinya…..saat ini telah di coba di beberapa institusi yg terkait dgn industri maupun institusi yg lebih tinggi – politeknik, utk mendidik anak2 sma dan bbrp sarjana selama 1 tahun, baik di lembaga yg di sebut cc, pat atau apapun…, yg sering disebut dgn d1..menarik hasilnya utk mereka yg sdh lulus, ..mereka dapat meneruskan ke d3, dan terus ke s1 .., kmdn bekerja, ataupun menjadi instruktur di lembaga kursus atau sekolah kejuruan yg baru dibuka…

dgn meminjam istilah p edy – pens..: belajar …bekerja…belajar…bekerja…tahu2 menjadi sarjana yg rtrampil dan gajinya tinggi..:)

kendala, terpenting, bgmn mengajarkan ilmu terbaru dalam bentuk masal pada suatu propinsi, dan siapa yg membiayai, dan juga siapa yg akan memperkerjakan nantinya…, mending mempunyai 1 juta tenaga trampil setiap tahun, dan mereka punya potensi utk mendapatkan pekerjaan yg lebih tinggi..drpd tidak berbuat apa2…dan nunggu inovasi lainnya..:)

tetapi klo tidak kita mulai melakukan pendidikan masal, utk bidang2 tertentu, akan tertinggal jauh anak bangsa ini terhadap kemajuan jaman…, dan kita akan menjadi penonton yg baik di negara kita..

salah satu solusi..mungkin kita menyiapkan sekolah2 kita sebagai industri utk melatih mhs kita mengajar , baik itu it, bahasa indonesia, bhs inggris , pariwisata, mesin, bangunan, karakter building, bedah buku, berlatih berdemokrasi, dll yg akan meningkatkan sosial skill mereka , dan menyiapkan kelenturan mereka dalam masuk dalam kehidupan masyarakat.

memang tidak mudah, tetapi klo bisa di mulai di thun 2010 di propinsi yg siap, serta sekolah yg siap dan mhs yg mau masuk dalam program ini…

mungkin nama program ini pendidikan ganda masal utk mengurangi pengangguran…:)…ada saran..?

kalau kita bisa mendorong minimal 1 juta lulusan slta masuk dalam sisitem ini, akan baik dan menarik peluang serta potensi yg ada…
kita sedang merancang utk 75 – 100 kabupaten di tahun 2010, baik di jawa maupun di luar jawa..memerangi pengangguran , bersama training ganda di sekolah serta industri di lokasi2 tersebut…

institusi di kabupaten yg kita pergunakan adalah smk, politek, blk , industri terkait sinergi dgn diknas propinsi dan kabupaten..

buat kawan2 ict center, pps, d3tkj dll, mari kita buat workshop 1 hari di masing2 kabupaten/kota utk mengurangi pengangguran dan solusi2 yg tepat…dgn melibatkan bupati, dprd maupun diknas serta depnaker setempat..serta industri yg terkait…

sehingga setiap kabupaten akan punya titik simpul mengurangi pengangguran , bagi anak2 kabupatennya…sehingga mereka menjadi lebih pd lagi…, bagi mereka yg selesai 1 tahun ..dapat menlanjutkan sd d3..dan d4 sambil bekerja dan berkarya..atau menciptakan lapangan kerja..

ayo siapa yg mau bergabung mendorong dan memerangi pengangguran di kabupaten kalian…tuliskan saja  di bawah ini masukan 2 ann ya…….

ini kerja bareng kita di tahun 2010………semoga di ridhoi oleh Allah SWT……

terimakasih ya…

jakarta 1 januari 2010

gatot hp

Iklan

8 Tanggapan

  1. Saya menyambut gagasan pak ghp sebagai sebuah gagasan yang sangat bagus dan memiliki nilai strategis walaupun menurut saya gerakan ini agak terlambat sebuhungan dengan kita sudah memasuki masa berlakunya FTA ASEAN dan China. Meskipun demikian kita harus terus berlari mengimbangi segala macam perkembangan yang begitu cepat akhir-akhir ini. Soal nama program, apalah artinya sebuah nama, yang penting kan misinya yang merupakan salah satu alternatif solusi mengentaskan pengangguran.
    Kenapa uji coba ini juga tidak dilakukan di wilayah lain di luar jatim, meskipun sebarannya tidak sebanyak di jatim? saya di kalsel juga tertarik untuk berperan dalam kegiatan ini. bidang yang ingin saya kembangkan adalah rekayasa perangkat lunak. saya kira kompetensi dan entepreuneurship di bidang ini memiliki peluang yang tinggi untuk memberdayakan angkatan kerja kita agar mereka lebih memiliki daya saing di era perdagangan bebas. Saya kira workshop yang kita harapkan menjadi media sosialisasi dan membagun sinergi terutama dengan pemda setempat juga perlu diperhitungkan efektifitasnya. Mudah-mudahan tidak lanjut dari para pengambil keputusan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Harapan kita kehadiran mereka bukan hanya untuk mengambil moment seremonial ini untuk kepentingan politik sesaat dengan menunjukkan kepeduliannya dalam pengentasan masalah pengangguran (hanya di seremonial itu)..

  2. (maaf saya ralat):
    Saya menyambut gagasan pak ghp sebagai sebuah gagasan yang sangat bagus dan memiliki nilai strategis walaupun menurut saya gerakan ini agak terlambat sebuhungan dengan kita sudah memasuki masa berlakunya FTA ASEAN dan China. Meskipun demikian kita harus terus berlari mengimbangi segala macam perkembangan yang begitu cepat akhir-akhir ini. Soal nama program, apalah artinya sebuah nama, yang penting kan misinya yang merupakan salah satu alternatif solusi mengentaskan pengangguran.
    Kenapa uji coba ini juga tidak dilakukan di wilayah lain di luar jatim, meskipun sebarannya tidak sebanyak di jatim? saya di kalsel juga tertarik untuk berperan dalam kegiatan ini. bidang yang ingin saya kembangkan adalah rekayasa perangkat lunak. saya kira kompetensi dan entepreuneurship di bidang ini memiliki peluang yang tinggi untuk memberdayakan angkatan kerja kita agar mereka lebih memiliki daya saing di era perdagangan bebas. Saya kira workshop yang kita harapkan menjadi media sosialisasi dan membagun sinergi terutama dengan pemda setempat juga perlu diperhitungkan efektifitasnya. Mudah-mudahan tidak lanjut dari para pengambil keputusan sesuai dengan yang diharapkan. Harapan kita kehadiran mereka bukan hanya untuk mengambil moment seremonial ini untuk kepentingan politik sesaat dengan menunjukkan kepeduliannya dalam pengentasan masalah pengangguran (hanya di seremonial itu)..

    • p dedi ysh,
      terimakasih masukannya, klo anda berminat utk sebagai salah satu penggerak, ayo kita kerjakan bersam…posisi anda dimana..? kita bisa rancang bersama dgn politek yg ada di banjarmasin…dan 13 kabupaten jangka panjangnya…memang harus ada yg memulai dan menjadi motornya…

  3. Assalamu’alaikum Pak Gatot, saya Agus Wijaya, salah satu guru TIK di SMAN 1 Salatiga, Jawa Tengah.

    Saya sangat tertarik sekali dengan ide & pemikiran yang Bapak paparkan di atas, mohon maaf sebelumnya, saya fikir tidak ada salahnya tidak hanya ditingkatan politek / PT / SMK yang memang dikhususkan untuk kejuruan, secara teknis, di sekolah kamipun bisa digunakan untuk mengadakan pendidikan ganda yang bapak utarakan, tinggal mengatur dan membuat SOP-nya pak, sambil berjalan bisa terus disempurnakan. yang terpenting memang kerjasama gotong royong yang harus kita bangun pak. salut untuk Bapak, semoga Indonesia cepat bangkit & dapat mengejar dengan Negara2 tetangga kita.

    bila diperlukan, saya dan teman-teman disini siap bergabung dengan program yang bapak utarakan. cp 085640499831

  4. Saya tertarik dengan ide2 Bapak, dan saya sangat setuju ide tersebut.
    Pengalaman saya di lapangan, baik sebagai guru, waka dan Kasek, pada saat saya membimbing siswa prakerin, jika pihak du/di menjumpai siswa yang pintar dan trampil selalu muncul kalimat “Nanti kalau sudah lulus sekolah, kerja di sini saja ya!”
    kenyataannya, siswa tersebut masih harus menempuh pendidikan lanjutan ke kelas 12 dan sampai tamat perlu waktu 1 tahun lebih. Dan lowongan yang ada tersebut sudah diisi orang lain.
    Untuk itu saya mempunyai pendapat, alangkah sebaiknya anak2 didik kita yang sudah lulus smk 3 tahun, dimagangkan kembali pada tahun ke-4. Dengan fasilitas, pihak sekolah mencarikan tempat magang, menyalurkan kerja sehingga sebagian besar lulusan smk dapat bekerja.
    Saya sudah mencoba lakukan dalam skala kecil, dan kami tawarkan kepada lulusan yang mau saja. Biaya pengelolaan belum teranggarkan di sekolah, hanya spontanitas, kami keluarkan biaya transpor. Dan Alhamdulillah siswa kami tersebut sudah bisa kerja di dudi tsb, dan akhirnya siswa tsb mampu menyumbang/ mengembalikan dana transpor.
    Mohon dukungan dana operasional untuk memajukan program magang tersebut.

    • mungkin sma anda bisa dicoba , dgn bergabung dgn seamolec, dan mengikuti program yg ada di siarkan oleh seaedunet.., etiap hari selasa , rabu dan kamis utk belajar mjeni..dll nya..

  5. assalamuailakum,,,,
    saya mhsw d3tkj pak.
    saya mau bergabung dengan terobosan mantap ini,
    semoga masalah besar pengangguran dapat dikurangi

  6. saya salah seorang mhs di aceh..!!!
    saya sangat menarik dengan program yg bpk gph paparkan di atas,untuk mendorong bangsa ini lebih maju dan mandiri..tp yg lebih bpk fokus kan di jatim,saya menyambut baik seandainya program itu terlaksana di aceh jika program itu bpk fasilitasi untuk aceh saya akan mencoba bangun komunikasi dengan pemerintah setempat dan saya yakin itu terwujud untuk memerangi pengangguran di negara kaya ini.!!
    cp.085260603713

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: