cyberwar bgmn persiapan dan antisipasinya.?

dear all,
kami ingin mengetahui ttg cyberwar dari suatu negara di luar indonesia, adakah yg mempunya i pengalaman dan pengetahuan ttg hal ini, karena di masa mendatang, hal ini menjadi penting utk suatu ketahanan suatu negara…
anda bayangkan bila suatu kumpulan data sekolah dan siswa yg sdh kita kumpulkan bertahun2 utk banyak hal..terus berubah dan hilang dari peredaran..kan berbahaya..atau data suatu perusahaan pariwisata..kmdn berubah krn orang yg usil…atau bila 2 negara berseteru..terus menyerangnya dgn segala sennjata email..spam dll..bgmn hal ini bisa disikapi..
oleh siapa dan bgmn kita menyiapkannya…siapa yg bertanggung jawab secara nasional..dan secara regional atau propinsi dan kabupaten…bgmn security nya…dalam jangka panjang..?
sebuah pertanyaan yg perlu kita kaji dan siapkan bersama utk kesiapan negara kita yg tercinta…dan kesiapan generasi kita yad…
kita tunggu sarannya…

Iklan

4 Tanggapan

  1. Mohon izin berkomentar Pak Gatot.
    Maaf, di ranah “hacking” hal itu sudah “biasa” terjadi. Sayang sekali kelambatan sekolah/pendidikan dalam “menyadari” filosofi TI sebagian besar belum sampai. Sebuah kenyataan bahwa pemegang “kunci” informasi akan menjadi “penguasa”. Sayang sekali, pembelajaran baru sebatas berbasis TI, belum berjiwa IT. Seandainya saja dalam memahami TI ini tidak hanya sebatas manfaat, namun juga konsekuensi dan resikonya, maka dengan sendirinya bidang security dan manajemen informasi (kebijakan dan penerapannya) akan menjadi perhatian. Saat ini sepertinya kita masih sering kaget dengan efek buruk dari teknologi. Pokok perhatiannya adalah sekolah2 yg mempunyai data2 yg di-OL-kan semestinya memahami manfaat dan resikonya. Admin IT untuk sekolah yg sudah “seperti itu” semestinya sudah harus diadakan. Admin ini semestinya tidak hanya mengerti teknis, namun juga hakikat dan muasal ancaman IT itu.
    Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan.

  2. CyberWar? Liat aja Amrik, China, dll Semua Menganggarkan dana yg begitu besar utk membangun Infrastruktur untuk pertahanan Nasional terkait dengan dunia Cyber.
    Karena Peperangan nanti bukan hanya secara fisik tapi di dunia maya akan lebih gencar.
    Bayangkan Jika Sistem transportasi/telekomunikasi sebuah negara dimatikan hanya 1jam saja, kerugianya akan lebih besar dibandingkan Bom di JW Marriott.
    Kita Renungkan bersama!!!

  3. Kita buat Batalion Khusus Cyber
    Rekrut Ahli-ahli Komputer
    Siap Lebih awal Lebih Baik
    Kita Menangkan Peperangan

  4. Sebenarnya masalah itu sudah ada sejak dulu, bahkan saya (Seorang Mantan Hacker) yang sekarang menjadi admin salah satu sekolah di kota sukabumi, pernah berpetualang di dunia maya dengan keisengan yang saya perbuat sebagai seorang hacker tentunya untuk mendapat kepuasan semata.

    Tapi akhirnya semua itu bermanfaat juga setelah saya masuk ke dunia admin yang tentunya tahu seluk beluk para hacker dan apa yang di cari hacker serta keamanan data yang akan di jaga.

    Jadi jika kita menjadi admin, jadilah dulu seorang hacker yang tentunya akan kita tahu nantinya apa yang akan kita jaga.

    Intinya seorang admin harus punya 2 karakter khusus untuk keamanan yang akan kita jaga.

    Lawan kejahatan Cyber dengan Kejahatan Cyber

    Sharing ilmu bisa dengan saya di :
    cr3w_s@in.com

    Forum yang baru saya bikin :
    http://hacker.indonesianforum.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: