Filipina dan Indonesia sebuah pengamatan

Dalam sebuah perjalanan 2 hari ke Filipina mengikuti workshop seaschoolpatnership dan diskusi dgn beberpa teman serta dari bbrp sumber majalah, ada yg menarik utk di perbandingkan dari sisi pendidikan maupun sisi lainnya.
Pendidikan
Pendidikan di Filipina menganut system 6,4, dan college, arti nya pendidikan dasar 6 tahun, pendidikan menengah 4 tahun dan pendidikan tinggi 4 – 5 tahun, utk bachelor/sarjana dan 2 tahun utk master dan 3 – 4 tahun utk doctor.
Indonesia menganut system 6,3,3, dan 4,2,3 artinya pendidikan dasar 6 thn, pendidikan menengah pertama 3 tahun dan pendidikan menengah atas 3 tahun, kemudian universitas 4 tahun utk bachelor/sarjana, 2 tahun utk master dan 3 tahun utk doctor


Perbedaan dari system ke dua Negara ini menyebabkan lulusan Filipina bila masuk ke system di Indonesia sering menggalami kesulitan dalam persamaan nya, terutama bila masuk dalam kepegawaian negeri, dimana dalam pengakuan ijasah oleh dikti , dianggap tidak sama dgn sarjana Indonesia.
Diskusi dgn salah satu pejabat di regional x1 di davao, mereka juga menyadari bila lulusannya meneruskan pendidikan ke luar negri, di akui kurang nya basis science dalam pendidikan mereka karena kurangnya waktu di pendidikan menengah, tidak seperti negera lainnya amaupun eropah, tetapi mereka sedang mempertimbangkan utk menjadi 12 tahun utk pendidikan dasar dan menegah.
Dalam diskusi dgn dgn tim dari sekolah Indonesia, terlihat cara berpakaian mereka se adanya, walaupun mereka kepala sekolah, dan guru..cuman dalam berkomunikasi mereka lebih berani di bandingkan guru dari Indonesia pada pertemuan tersebbut, karena komunikasi mereka se hari2 memang dalam bahasa inggris. Mungkin ini di perkirakan dari daya beli yg berbeda, dan cara komunikasi yg berbeda juga dalam kehidupan sehari2.
Kepala sekolah wanita sudah hal yg umum di Filipina, di Indonesia masih banyak di dominasi oleh laki2, fenomena yg menarik, apakah karena mereka lebih terbuka, atau emansipasi wanita lebih berkembang disini, ataukah yg laki2 banyak kerja di luar negeri..? atau sebab lainnya?
Karena banyak pekerja yg pergi ke ln mencari pekerjaan, di dalam kurikulum mereka sdh di ajrkan tentang hak dan kewajiban seseorang dalam bekerja dll, juga mereka mengembangkan UBD = understanding by desain….ini mesti di lihat lagi apa isinya..lebih detail, tapi secara singkat mereka di siapkan menjadi penduduk dunia..

Penduduk , lembaga pendidikan dan ekonomi

Perbandingan penduduk, pertumbuhan GDP, GDP, tingkat inflasi serta GDP/kepala bisa di lihat di bawah ini.(sumber majalah ekonomi juni 2010) dan sumber lain,
Filipina Indonesia
Penduduk (juta) 99, 9 243
Pertumbuhan GDP (%) 3,7 4,5
GDP (blln us$) 594 166
Tingkat inflasi(%) 3,8 5,1
GDP/kepala (us$) 1.660 2.440
Jumlah sd (ribu) 38 170
Jumlah smp/slta(ribu) 7 49
Jumlah pulau 7.700 an 17.000 an

Brigade eskwela/school brigade
Suatu program komunitas dalam persiapan menyiapkan kampus yg bersih pada saat ajaran baru, sekolah di Filipina libur 2 buan setiap tahun pada saat kenaikan kelas, Indonesia libur antara 2 – 3 minggu.
Program ini di mulai 7 tahun lalu, dimana konunias, guru, siswa, orang tua menyumbangkan tenaga, material, cat, cangkul dll selama 2 minggu membersihkan sekolah, sehingga pada tahun ajaran baru sekolah menjadi baru dan bersih lagi. Pad saat awal hanya di mmulai dari lingkungan kecil dalam suatu kawasan, saat ini sudah menjadi gerakan nasional, dan menteri pendidikan juga ikut membersihkan sekolah2 tertentu dalam waktu liburan tersebut. Sejak program itu di gulirkan , kalau di hitung dgn uang, departemen pendidikan Filipina telah menghemat 10 miliar peso, di tahun terakhir saja sdh bias menghemat atau setara dgn 3,7 milliar peso, kira2 700 an milliard rupiah.
Karena banyak industry yg ikut menyumbang berupa material, tenaga kerja karyawannya – dimana kerja di sekolah di anggap kerja juga utk perusahaan tersebut, jadi perusahaan mengijinkan dan menyubang jam kerja karyawan nya utk ikut membersihkan sekolah di sekitar mereka kerja atau anak mereka sekolah…..menarik utk di amati dan di kembangkan di Indonesia…
Kita sdh berjalan bila ada kebersihan kampong..kerjabakti utk lingkungan disekitar kita sehingga bersih lingkungan kita…, kenap tidak kita coba juga di lingkungan seekolah,?..tinggal siapa yg akan mencetuskan..?

Masalah politik dan anggota parlemen
Politik di sini , sudah menerapkan demokrasi yg cukup jauh, bahkan di beberapa daerah menjadi persaingan antara bapak dan anak utk mendapatkan ke dudukan tertentu.
Yg baik, adalah pilkada itu serentak, baik pusat, presiden, parlemen pusat dan daerah dan pemilihan walikota juga serentak….sehingga pusingnya cumin sebentar….kita kapan ya utk yg bisa serentak tersebut..:)
Tapi apapun sekarang kita sudah lebih terbuka di bandingkan dahulu, ini perlu proses yg terus menerus utk di sempurnakan, dan salah satu nya adalah penerangan dan pendidikan yg terus menerus…di lakukan…
System di Filipina, anggota parlemen di beri dana utk pengebangan daerah pemilihan mereka, dalam arti melalui tangan mereka dana khusus itu di alirkan, utk pembanguna jembatan, rumah sakit maupun sekolah atau apapun..yg akan menaikkan citra mereka sebagai wakit rakyat , on top dana apbn mereka..
Tapi di ingatkan juga oleh salah satu teman dari Filipina..banyak anggota parlemen yg kaya dari dana tersebut, dgn menunjuk pemborong yg dipercayai nya utk melaksanakan jembbatan misalnya….ini menjadi phenomena menarik di Filipina, tapi di Indonesia akan di usulkan…oleh anggota dpr kita…apa yg akan terjadi kita lihat bersama saja…karena belum jalan…

Sungai dan pembangunan

Sungai di kota davao yg sempet kita amati tideak ada sampah, karena mereka menerapkan aturan yg ketat terhadap kebersihan, dan juga bis2 nya bersih2 baik di dalam maupun di luar nya…menarik…
Pembangunan tidak secepat dan sebbanyak di Indonesia dalam investasi gedung, industry maupun kegiatan lainnya, hal ini bisa di lihat dari GDP mereka..

Transportasi umum dan sarana guru/kepsek
Transportasi umum, bus, jimny, bentor-becak motor, yg menarik walaupun harga premium tidak di subsidi sekitar 40 peso/liter = 9200 rph , kendaraan umum – jemney 7 pesos jauh dekat = 1.600 rph an .
Pada workshop antar sekolah di davao, dimana 16 kepsek sekolah menengah dating ke tempat pertemuan , mereka dating dgn kendaraan umum, walaupun cukup jauh dari sekolah mereka. Beda dgn kep sek di Indonesia, banyak yg sdh mempunyai kendaran roda 4, minimal sepeda motor sehingga relative lebih makmur daripada mereka…

Potensi kerjasama yad di bidang pendidikan
Dengan geografi yg relative dekat, dan transportasi kapal laut yg regular antara tahuna dan davao region sekali setiap bulan, pertukaran siswa, guru, kepsek bias di percepata dn di permudah , agar perputaran sdm dan saling mempengaruh utk menuju kebaikan serta peningkatan kompetensi akan lebih cepat tercapai..
Inisiatif dari kepsek, kepala daerah dan masyarakat di harapkan akan menjadi motor pertukaran tersebut…1 + 1 tidak sama dgn 2, dalam hal ini pengalaman 1 sekolah di tambah pengalaman 1 sekolah lainnya antar Negara, akan memperkaya siswa maupun guru yg bersinergi..
Begitu juga daerah lain di daerah Filipina, bias kita jajagi bersama di masa mendatang, sehingga jembatan penghubung antar Negara melalui pendidikan bias makin lebar dan kuat, sehingga yg lewat di atasnya makin banyak , baik siswa, guru, kep sek , masyarakat, serta kegiatan lai yg terjadi karena makinkenal satu dengan yg lain…

Semoga bermanfaat,…. Mohon maaf bila ada yg tidak berkenan dgn pengamatan diatas, hal ini adalah pengamatan pribadi….dan sudut pandang pribadi….

Iklan

4 Tanggapan

  1. sekedar blogwalking bro. info artikelnya menarik. ijin untuk menikmati sejenak. silahkan mengadakan kunjungan balik. ditunggu… 🙂
    terima kasih dan salam kenal dari Wiro Sableng 212

  2. Hai, semua articlenya saya setujui
    coz saya pun mahasiswa Indonesia yang belajar di Philippines sekarang,
    pelajar2 disini begitu pintar2 dan perfectionist
    Mksudnya kalo di Indonesia,,.yang pinter cuma 30% dalam satu kelas
    kalo disini bisa dibilang 70%
    hhha mereka mandiri, budaya mencontek tidak ada,..dan benar sekali, pemerintah filipina selalu menyiapkan libur panjang untuk akhir tahun,,wow,,,istilahnya Summer Vacation…
    dan yang paling penting,,,orang2 filipina lebih polos2 dan mampu bergaul secara global
    tapi biar bagaimanapun tetep bangga sih sama bangsa sendiri karena Indonesia begitu besar alamnya,,sekarang hanya bagaimana orang2nya mengatur negara Indonesia,,.InsyaAllah, kalau aq punya kesempatan, aku harus lakuin yang terbaik buat INDONESIAKU….

  3. oiiia yang mau informasi tentang filipina
    silahkan nomor hape aq di Philippines (+63)-9166595151
    n email aq, facebook and fs aq,semua alamatnya sama jojoba_joqer@yahoo.co.uk

  4. Alhamdulillah!!!
    Dapat bahan tugas…
    Pasti sya cantumkan sumbernya kok…
    tenang ja!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: