3 dimensi – hologram utk pembelajaran jarak jauh

dalam kunjungan ke korea awal agustus yl, menarik sekali dgn perkembangan teknologi saat ini di korea, salah satunya teknologi multimedia, 3 dimensi.
dgn program ini, film yg di kirim keluar 3 d, dan ini akan menyebabkan mahasiswanya yg mengikuti kuliah atau pembelajaran ini akan melihat sosok dosennya lengkap dgn segala gerak – geriknya….cuman kita tidak bisa meraba..; bgt juga dgn gambar 3 dimensi yg ada…

hal lain yg kita lihat , tentang rendering teknologi yg makin maju, dan gambar 3 dimensi yg di ambil oleh 8 kamera dari 8 arah…, sehingga di putar kemana saja, kita akan melihat barang/guru/dosen tersebut ebagai tubuh yg utuh, tinggal kita akn kembangkan bersama dgn uni2 korea tahun ini….semoga…
program 3 d ini, di pakai sebagai iklan utk perusahaan besar, dimana mereka utk menjaga image, mengembangkan teknologi yg terbaru…

indonesia mempunyai banyak manpower atau sdnm yg bisa di didik dgn teknologi yg terbaru, dan mereka bisa kita sinergikan dgn negara2 maju yg mengembangkan teknologi tersebut…bila ini dalam jangka panjang bisa dilakukan akan baik seklai….

selain itu karena indonesia juga besar..dan perlu pendidikan yg cepat dgn kwalitas yg tinggi…ini perlu strategi yg tepat dan teknologi yg tepat utk pengembangannya…tinggal bgmn implementasinya dalam waktu dekat secara sistematis..sehingga setiap kecamatan bisa mempunyai sumberbelajar yg bagus dan baru ilmu2nya…trtm utk peningkatan kemampuan masyarakat serta siswa dan mahasiswa yg ada di lokasi tersebut…

boleh tempat terpencil, tetapi ilmu yg terbaru kan…..
ayo kita kembangkan bersama…kembangkan bersama dgn sma dan smk yg berminat utk gabung, tulis nama dan alamat serta email di bawah ini…
kita mulai dengan program seamolec multistudio dulu…kmdn program berikutnya…

Iklan

7 Tanggapan

  1. Bapak GHP ysh,

    Sewaktu ke Inchon, Januar 2000, model 3D sudah dikembangkan oleh Samsung di Suwon.
    Well, kita hanya sebatas melihat pajangan laser 3D di dalam Vitrine yg diolah dalam bentuk cerita “malaikat turun dari langit, menyampaikan wahyu Tuhan”.
    Kesimpulannya, perkembangan tsb bukanlah hal baru, tetapi karena nachhaltige Entwicklung…

    Awal dibukanya jointprogramm BA-Malang, seorang Ulrich Klaws juga sudah menggalang kontakt dengan mitra lokal, salah satunya Duta Laserindo. Namun, semua itu entah sudah hilang kemana. Sama halnya dengan semua langkah awal improvement nya Pak Ulli. Beliau nya juga mungkin sudah “kacrek” berurusan dg kita. Memang sih jujur aja, orang ini kadang2 nyebelin. Tapi urusan pribadi semestinya tidak dicampuradukkan dg urusan pekerjaan.

    Jadi saya kira, dalam urusan kesolidan personal (Mentalität) kita juga harus berubah, belajar seperti orang Korea. Tidak saling sikut seperti sekarang.
    Sebab image/nama baik/kepercayaan sangatlah penting. Sehingga langkah2 awal yg sudah menjadi Ausgangspunkte bisa terus berlanjut. Semoga….

    Maaf n terimakasih, wassalam

    • iya betul di indonesia , institusi berkembang karena tim nya solid, dan ada leadership dari orang yg memang tekun dibidangnya…kerjaan kita salah satunya menciptakan dan mendorong siapapunyg berbakat utk menjadi leader masa mendatang…

  2. Dear Pak GHP,

    Perkenankan kami mensharing alat yang berguna untuk sistim pembelajaran di Indonesia yakni SRT / CLikers.

    Berikut adalah infonya:

    Pengetahuan adalah kekuasaan/kekuatan! Ia akan menjadi jauh lebih kuat dengan bantuan Teknologi Respons Siswa/Mahasiswa (SRT) interaktif

    SRT akan mengubah kegiatan mengajar ruang kelas tradisional menjadi kegiatan belajar ruang kelas dengan tingkat partisipasi tinggi, interaktif dan menyenangkan. Para siswa/mahasiswa akan belajar lebih banyak dan dapat memahami dengan lebih baik, dan para pengajar yang menggunakan sistem respons ruang kelas biasanya mencapai tingkat keberhasilan yang jauh lebih baik pada evaluasi siswa.

    Perangkat lunak dan perangkat keras respons SRT yang canggih dapat dikembangkan untuk menciptakan seperangkat lengkap sistem respons siswa/mahasiswa. Hal ini memungkinkannya untuk digunakan secara luas dan diterapkan pada Pendidikan, dari TK sampai dengan SMA sampai dengan Pendidikan Penguruan Tinggi.

    Sistem respons siswa/mahasiswa menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras untuk mencapai komunikasi aktif dan merupakan suatu bentuk cepat umpan balik antara para pengajar dan para siswa/mahasiswa.

    Berbagai studi menunjukkan bahwa kegiatan belajar interaktif tidak hanya meningkatkan pemahaman tetapi juga memungkinkan para siswa/mahasiswa untuk mengingat informasi lebih lama.
    Dengan sistem belajar interaktif SRT Anda dapat menciptakan berbagai permainan untuk membuat kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan dan fokus pada topik yang dibahas dalam kegiatan belajar siswa. SRT juga membuat ujian dan kuis penentuan peringkat menjadi suatu proses yang cepat dan mudah.
    Sebagai contoh, SRT dapat digunakan untuk…
    • Menciptakan ujian tiruan/latihan untuk membantu studi siswa
    • Memperkenalkan skenario dunia nyata dan meminta umpan balik
    • Mengidentifikasi bagian-bagian mana yang tidak dipahami sepenuhnya oleh siswa
    • Mengukur efektivitas dari tiap metode pelatihan
    • Menentukan topik apa yang membutuhkan waktu mengajar yang lebih banyak
    • Menyesuaikan program pelatihan berdasarkan tingkat pengetahuan kelompok
    • Memperkuat pemahaman topik-topik penting dengan mengajukan pertanyaan setelah kuliah
    • Menguji daya ingat pengetahuan pasca kuliah
    Pada saat belajar dengan SRT, isi perkuliahan dapat disajikan dalam format yang konsisten dan informasi yang diajarkan dapat diperkuat dengan dialog lektor.

    Aplikasi: Pendidikan Perguruan Tinggi
    Sistem respons ruang kelas adalah sebuah perkakas (tool) yang sempurna yang dapat digunakan secara luas pada Pendidikan Perguruan Tinggi. Untuk para dosen, sistem respons ruang kelas adalah sebuah metode yang baik untuk mengumpulkan umpan balik mahasiswa dengan atau tanpa nama sebenarnya dan menguji pemahaman para mahasiswa tentang apa yang diajarkan kepada mereka. Daftar hadir akan membantu mempertahankan tingkat kehadiran ruang kelas tetap tinggi. Para mahasiswa tidak perlu lagi mengangkat tangan mereka untuk menjawab pertanyaan. Sistem respons ruang kelas adalah sebuah alat / perkakas yang dapat membantu mahasiswa untuk lebih terlibat di dalam kelas.
    Studi Kasus:
    Seorang dosen di Fakultas Hukum dapat menggunakan sistem respons ruang kelas untuk mengajar sebuah kelas dengan sekitar 22 orang mahasiswa. Kepada tiap mahasiswa akan diberikan sebuah kliker ruang kelas untuk memasukkan umpan balik mereka. Stasiun basis akan mengumpulkan informasi dan menyampaikannya ke komputer dosen, di mana data informasi tersebut akan dianalisis dan diekspor dalam beragam format dokumen pilihan seperti Word, Excel, OLAP dan lain-lain. Fungsi momen ke momen, yang dikembangkan secara khusus oleh SRT, dapat membantu membangun suatu proses penjurian tiruan yang akan menyerupai proses yurisdiksi.

    Aplikasi: TK sampai dengan SMA
    Kami menyediakan perangkat lunak yang mudah digunakan tetapi berkualitas tinggi dan kliker ruang kelas untuk aplikasi ini. Setelah bertahun-tahun bekerja dengan para pelanggan kami memungkinkan kami memiliki pengalaman yang dibutuhkan dalam menyediakan produk yang berkualitas nomor satu. Hal ini pada gilirannya memungkinkan kami untuk memenuhi persyaratan yang unik dari para pelanggan kami. Kliker ruang kelas, yang dirangkai dengan perangkat lunak SRT, dapat digunakan untuk membantu menangkap respons siswa secara langsung. Informasi waktu-nyata memberikan para pengajar suatu gagasan yang lebih baik tentang seberapa baik mahasiswa memahami kuliah, yang dengan demikian akan menentukan proses mengajar.
    Studi Kasus:
    Sebuah kelas dengan 30 orang siswa dapat menggunakan seperangkat kliker ruang kelas yang berjumlah 30 buah dan 1 buah stasiun basis. Guru dapat memberikan sebuah ujian, via sistem respons tersebut, apa yang dipelajari dan hasil ujian siswa dapat ditampilkan secara langsung di kelas atau setelah itu. Hasilnya dapat ditampilkan dengan nama sebenarnya atau secara rahasia

    Teknologi respons siswa/mahasiswa adalah sebuah perkakas (tool) yang efektif dan membantu memudahkan praktek pedagogi terbaik dan meningkatkan kegiatan belajar siswa/mahasiswa:
    • Ubah ruang kelas Anda menjadi lingkungan belajar yang interaktif dan mendorong keterlibatan para pesertanya.
    • Buktikan sendiri kenaikan tingkat kehadiran dan partisipasi – bahkan dari para siswa/mahasiswa yang pendiam atau duduk di deretan bangku belakang.
    • Ciptakan diskusi terbuka yang dihidupkan oleh para siswa/mahasiswa, bukan didorong oleh Anda.
    • Ukur pemahaman siswa/mahasiswa dengan cepat melalui grafik visual dalam waktu nyata.
    • Berikan siswa/mahasiswa pertanyaan kaji ulang yang mencerminkan pemahaman mereka, bukan hanya apa yang Anda pikir mereka perlu kerjakan.
    • Uji tugas baca secara cepat dengan kuis singkat sebelum kelas dimulai dan tugas kelas secara cepat.
    Teknologi yang Telah Terbukti
    Pengaruh positif teknologi respons siswa/mahasiswa pada lingkungan ruang kelas telah didokumentasi di berbagai tulisan penelitian, artikel pendidikan dan kisah keberhasilan kehidupan nyata yang dipublikasikan. Teknologi respons siswa/mahasiswa mampu meningkatkan keterlibatan siswa/mahasiswa dan mendorong partisipasi kelas secara keseluruhan yang menciptakan suatu lingkungan belajar yang benar-benar unik.

    Terima kasih atas perhatiannya,

    Salam,

    KSIP Solutions
    ksip.solutions@gmail.com
    021 33 1958

    • menarik yg anda jelaskan, seperti yg aku lihat dan di presentasikan oleh promethian…, cuman kita merasa tidak sesuai dgn biaya yg di keluarkan…utk sistem tersebut..dr pengamatan kami utk produk sejenis…
      anyway..silahkan mampir ke kantor ku dan tunjukkan ke bolehan alat anda…kta bisa diskusi lebih lanjut…

  3. Salam Bpk Gatot yth,

    Saya konsentrasi dibidang 3d animasi dan sangat berkeinginan untuk memajukan dunia pendidikan anak-anak. Saya membuat telah membuat animasi 3D untuk pembelajaran anak-anak khususnya tingkat sekolah dasar.Saya membuat animasi ini dengan tujuan bagaimanna supaya anak-anak menjadi lebih dan akan tertarik untuk mendalami pengetahuan, saya memilih tingkat sekolah dasar di sebabkan ketertarikan anak-anak sekarang dalam hal tekhnologi, dan saya sudah sedikit survey kepada anak-anak dan mereka tertarik dengan animasi yang kami.

    Saya berharap bs mengembangkan karya ini untuk dunia pendidikan dan bekerjasama. Animasi 3D dapat dilihat d blog yang baru saya buat di :
    http://panca-edu.blogspot.com/

    Terima kasih atas perhatiannya,

    Salam,

    Yayan
    ya2n104@yahoo.com
    +6281313566987

  4. @nanda, sonny, terimakasih masukannya, justru ini yg sedang kita galakkan bahwa harus semakin banyak anak2 yg mempunyai minat dan peluang utk menjadi juraga , saya setuju dgn pendapat p sonni, kita harus belajar menjual produk kita…kemanapun juga…, dan kita punya sumber utk itu, tapi jangan jual mentah saja…maksudku cangkul terus jual spt batubarakita dll nya….klo bisa kita jual energi nya…bikin pabrik listik di negara tetangga dan kita jual listriknya kemereka…karena ada suplay bahan baku dari negara kita…

    memang jual batubara saja sdh untung utk segelintir orang yg punya akses ke sistem..dgn alasan apapun…, tapi dimasa mendatang kita harus pelan2 merubah menjual end produknya ke masyarakat dunia…bukan bahan mentahnya…..
    ini perlu perjuangna panjang….; apa yg sedang terjadi semua pimpinan dunia dari obama, eropah dll, selalu bernegosiasi dgn negara manapun utk kepentingan negaranya….
    mereka adalah komandan pedagang utk negaranya…agar produknya masuk kemana2…
    kita lihat bentuk penetrasi pengaruh jangka panjang adalah dari memberikan beasiswa kepada negara potensi utk anak2 udanya bisa satu frekwensi dgn karakter negara pemberi besaiswa atau donor…
    ada istilah yg tepat..”.tidak ada makan siang yg gratis…”, tinggal anak bangsa ini di buat sepintar mungkin sebanyak mungkin…agar semakin baik dalam bernegosiasi dgn siapapun nantinya….utk kepentingan bangsa ini….

  5. Ow.. begitu ya pak… tapi sayang belum bisa ya… sekarang yang mereka pikirkan kerja-kerja-kerja…. pak yang JUS-nya saya tertarik tapi sayang Yayasan… mukin anda lebih faham dengan yayasan yang memiliki sistem manajemen kerajaan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: