tolong tulis pengalaman kuliah alumni d3 tkj yg lulus dan sdh kerja

dear alumni, kami membutuhkan masukan dari kalian ttg apa yg sdh kalian lakukan dan dapat selama kuliah di program d3tkj selama ini dgn sub kampus atau tempat magang dimana saja, serta anda dapat ilmu dimana saja..
info ini kami himpun utk pemberdayaan pt di daerah jika kita sinergikan dgn ict, tempat magang serta standard internasiona dari industri yg kita pakai, sbagai tambahan pengalaman anda…
memang setiap orang punya masalah dan nasib yg berbeda…buat kita ..berubahkah status anda setelah lulus, dan berubahkah ilmu anda dan bermanfaat utk kantor yg baru..?
masih banyak yg harus di kuliahkan dengan biaya yg terjangkau..salah satu solusi nya ya seperti yang anda lewati ..sd dgn lulus…

tolong tulis di bawah ini semua info pengalaman dan saran utk kebaikan sistem yg kita kembangkan bersama saat ini serta..utk pengembangan sdm di daerah kita agar mereka bisa pandai…
suatu impian alangkah indahnya bila setiap kabupaten mempunyai 50 % warga nya dapat d3 atau bachelor…

Iklan

70 Tanggapan

  1. Pengalaman mahasiswa d3tkj
    sy mhsisw angk 2006 d3tkj yg saat itu msh dilksnakan olh bpkln,dpkl angkt sy 50 mhsiswa yg diwisuda,kul sy dprovidr stmik wp pekalongn,km difasilitasi olh ict center btang,selain kul di provider dgn prhtingan 2 minggu di providr 2 minggu di… tmpat mgang,km jg mengembgkan kmampuan scr mndri dlm kompetensi debat b.inggris yg pgjrnya km biayai dr uang saku dr beasiswa.mnurut sy peran pling bsar dlm kemmpuan km mengaplikasikan materi kul adalah adanya keg magang dan bimbingan dr ict center,dr situ km bljr troubleshoot dan keahlian lain yg sm sekali tdk km dpt dr bgku kul.saat sy mulai bekerja trnyata kualifikasi kmampuan yg disyaratkan justru byk sy plajari dr magang dn pelatihan di ict center,meski sy di providr lokal yg trhitung blum trlalu besar,dgn bekal ilmu slama ini sy mmpu brsaing dlm sgi keahlian dgn mhsiswa beralmamater universitas yg lbh berkompeten dr almamter sy.trbukti dgn dirkrutnya sy dlm divisi it u/ skul intrnsionl d smarang.hgga skrg sy sdh menjd pns di pemda purworejo.bgitu pak singktnya,metode pembl dgn sparing partner antra provider dn ict centre yg sgt berperan dlm pembentukan krkter profesionalisme dlm dunia krj.
    Mas eko asal dr provider stimik pekalongan, ict center batang, d3tkj angkatan 1..jadi pns di purworedjo

    • Perjalanan Saya
      Nama HADRIAN ERLANDA mahasiswa D4 TKJMD
      Perjalanan Akademis :
      Dari Bangku Taman Kanak Kanak hingga saya Tamat D3 saya memiliki Kemampuan akademis Biasa biasa saja, Namun dibalik semua itu saya memiliki minat dan bakat yang kuat dibidang komputer.
      Saya selalu ingin tahu dengan perkembangan perkembangan teknologi komputer (baik smartphone hingga tablet yang berada di indonesia dan luar indonesia
      Saya bercita cita ingin bekerja di Microsoft Amerika Serikat dan memiliki usaha dibidang IT

      Perjalanan Kultur Budaya :
      Saya memiliki pengalaman perjalanan kultur budaya yg berbagai macam ragam dari Taman Kanak Kanak Hingga sekarang karena:
      1. Dari Taman Kanak Kanak hingga Sekolah SMP kelas 2 saya dan orang tua sering berpindah pindah baik sekolah maupun tempat tinggal dikarenakan mengikuti orang tua yg dulu mengambil S1-S2
      2. Dari tamat D3 hingga selesai D4 Saya memiliki perjalanan kultur budaya yg berbagai macam ragam sebab saya dulu pernah di tempatkan di wilayah indonesia bagian tengah, disana saya menerima berbagai macam sikap orang orang sekitar..budaya orang sekitar.
      saya pernah memasuki :
      – Budaya kultur Minang sendiri
      – Budaya Kultur Jawa
      Dengan setelah menjalani program D4 telah menyempurnakan perjalanan Kultur,Perjalanan akademis, Perjalanan Rohani yang telah saya dapatkan dari kecil hingga sekarang

  2. Pak Saya lulusan D3 TKJ Politeknik Negeri Lampung angkatan ke 2. pak pada waktu perkuliahan di poltek kami setengah di urus. pada awalnya kami di urus dengan baik dari pihak kampus dan di pertengahan semster kami mulai di biarkan berawal dari tidak turunnya beasiswa pada waktu itu purkuliahan pun di percepat dan akibatnya di akhir semester nilai kami yang jadi sasaran, nilai nya tidak di urus di biarkan saja, banyak dari kami yang kecewa termasuk saya nilai. dan alhasil transkrip kami nilainya berbeda dari apa yang kita terima di waktu setiap akhir semster.

    tetapi walaupun demikian kami sangat berterima kasih dari pihak kampus terutama kepada bapak MUSHLIHUDIN. yang membantu kami bisa mencapai lulus walau nilai kami standart. dan sebagian dari kami sudah bekerja di tenpat instansi masing masing dan kami jg sangat berterima kasih kepada bapak bapak dari pusat yang telah menyelenggarakan program ini.

    program ini sangat bermanfaat bagi kami semuanya dan kami di sini sangat mengharapkan untuk ke jenjang berikutnya.

    terima kasih pak

    • dear jarko, silahkan ikut program ke d4 itb batch ke 4 …bulan desember /januari seleksinya….kontak sdr faisal di elektroi itb…atau cek di jatinagor2010.wordpress.com…

  3. siap pak saya tunggu

  4. PENGALAMAN MAHASISWA D3TKJ.
    pak gatot hp saya lulusan mahasiswa d3tkj provider politeknik madiun,sister ICT kab.Ngawi. alhamdulillah saat ini msh berkesempatan untuk melanjutkan ke s1 UT jur matematika bidang minat sistem komptr, dan HARAPAN sy nanti bisa melanjuttkan ke S2 pak…
    sejak tahun 2005 sya mengikuti rintisan program D1 MRIT VEDC Malang>2006 D3 TKJ>dan 2010 S1 UT. program ini sangat memberikan manfaat yang besar bagi perubahan diri sy sendiri,sekolah pengirim,dan kabupaten tempat sy berkarya tentang pendidikan.
    dari sinilah sy bisa merubah proses pembelajaran di sekolah dan kabupaten sy. alhmdllh sekarang sekolah sy sudah berbasis IT di segala bidang> mulai dari karyawan,siswa,guru,dan masyarakat sekitar sudah mengakses INTERNET dan mengaplikasikan. infrastrukturnya mulai dari jaringan LAN,Sekolah,Hotspot, Website, Elearning dan WAN.
    ini adalah program yang sangat bagus dan dikembangkan demi kemajuan dan percepatan pembelajaran di negara kita.
    TERIMA KASIH kepada pak gatot hp dan TIM yang telah berkarya,bersinergi,dan aplikatif terhadap pembangunan infrastruktur pendidikan dan jaringan. harapan sy lbh banyak inovasi dan kemajuan.

    ttd
    nama = hari susanto (http://harisusanto.info)
    provider = politeknik madiun (http://polma.ac.id)
    sister = ICT kb.ngawi (http://ngawikab.go.id)
    komunitas blogger ngawi > http://kotangawi.com

  5. lupa pak alamat sekolah sy > (http://smkpgri1ngawi.sch.id)
    di sini tempat sy magang dan berkinerja. dari tahun 2005 sampai 2010 ini.

    semoga p.gatot senantiasa diberi kesehatan dan petunjuk. amin3x …..

  6. saya Diana, alumni mahasiswa d3tkj angkatan k2 dari provider politeknik manado.. saya berani memperkenalkan diri sebgai alumni karna baru di wisuda hari sabtu 2 oktober kemarin..
    perkuliahan kami di atur sedemikian rupa oleh politeknik negeri manado dan kami sudah pernah bbrapa kali mengalami perubahan sistem, banyak kendala yang kami hadapi, namun perlahan tapi pasti akhirnya saya dapat lulus, dan puji Tuhan IPK melampaui IPK mahasiswa reguler..^_^..
    walau pada akhirnya qm harus membiayai perkuliahan 3semester terakhir hingga bisa di setarakan dengan mahasiswa reguler, namun sayang saat wisuda sempat ditolak sejajar oleh mahasiswa reguler yang tidak mengakui perolehan IPK kami mahasiswa d3tkj yang melampaui mereka..
    kami sangat berterima kasih kepada provider , terlebih program D3TKJ ini, dan terima kasih kepada Bpk. Anritsu Polii sebagai pelaksana program ini di kampus kami…

    • dear diana, terimakasih infonya, inilah proses yg berkelanjutan dgn pola yg berbeda, klo hal serupa kita kembangkan utk angkatan berikutnya dgn biaya dari masyarakat menurut anda peluang nya bgmn..?

      • hmmm.. saya rasa bisa saja pak,,
        tapi harus lebih dipaparkan terlebih dahulu prospek kedepan’ny.. agar masyarakat mengerti ttg program ini..
        selain itu, ti
        sebaik’ny yang di ikut sertakan dalam program adalah benar2 orang yang ingin maju, dan melihat secara positif… serta instansi yg memberi rekomendasi benar2 peduli akan proses perkuliahan,,

  7. saya mahasiswa angkatan ke-2 dari polma (madiun), Alhamdulillah walau dalam perkuliahan banyak terjadi masalah, tapi kami dapat lulus sampai TA walau wisuda masih besok tanggal 6 Nopember, masalah yang banyak terjadi adalah adanya dosen2 yang kurang bertanggung jawab pak, mereka jarang masuk, dan memberi nilai sesukanya, alhasil banyak mahasiswa yang marah pak saat melihat IPK mereka, karena mahasiswa yang jarang masuk dengan kemampuan di bawah rata2 pas-pasan dan tugas jarang mengerjakan bisa dapat IPK 3 koma, sedangkan yang aktif kemampuan di atas rata2, hanya mendapat IPK 2 koma…

    kami berterimakasih kepada semua pihak yang ada di atas, dan untuk Bapak2 yang selalu menemani perjuangan kami di polma, terutama pak Pri (jepang)

    Semoga kami masih dapat melanjutkan untuk menambah ilmu kami… Amin…

    • dear iki, miemang ini bisa ber eda dalam suatu proses, yg penting anda sdh diperjalankan baik seara intelektual maupun spiritual maupun terhadap waktu , tempat dlll sehingga anda bisa berkembang…
      buat kami makin banyak putra putri daerah yg bisa berkembang akan semakin baik pemikir2 daerah tersebut…
      lakukan perubahan di sekolah tempat magang anda…

      • Saya jg Mahasiswa D3 TKJ Politeknik Madiun dan skrang bekerja sbg Laboran d SMAN 1 Gondang.
        Benar apa yg dikatakan sodara “Iki”,begitulah keadaan yg kami alami di kampus.
        Saya banyak belajar dari tempat saya magang(SMAN 1 Gondang) daripada di kampus. Tp sya sangat bersyukur krna dg adanya program JARDIKNAS ini saya bisa mendapatkan peluang kerja yang bagus.
        Saya berharap bisa ikut progrm alih jenjang ke D4 tahun ini dan mengembangkan apa yg saya dapat selama pendidikan di POLMA dan di tempat magang karena tempat magang saya masih perlu pengembangan IT.
        termakasih Pak Gatot.

  8. dear Mr Gatot ^_^, apa yg sdh kami lakukan dan dapat selama kuliah di program d3tkj selama ini dgn sub kampus atau tempat magang di malang cukup beragam pak, tergantung minat kami masing2, ada yg jadi minat ke java, ada yg pinter jaringan, saya sendiri seneng ama web pak, ilmu yang didapatkan berasal dari banyak sumber. Beberapa teman kami ada yang gemar membeli buku ada juga yang dapat dari pengalaman kasus di sekolah tempat magang atau mencari langsung di internet.

    saran utk kebaikan sistem yg di kembangkan sebaiknya model Malang Joint Campus di tinjau ulang karena justru banyak dosen yang mungkin keberatan (terlebih mahasiswa juga) berkuliah di puncak gunung buring karena cukup jauh. Mending langsung ke provider. lebih terjamin pelaksanaan kuliahnya.

    • dear hafid, MJC di kembangkan utk menyeimbangkan gravitasi pengembangan daerah barat dan timur dari suatu kota…sehingga daerah tersebut makin berkembang…ini kesepakatan kita dgn diknas malang…
      bahwa hal tersebut yg terjadi memang suatu proses menuju kesana…

  9. slam pendidikan mr. gatot,sya zainudin mahasiswa angkatan pertama dari polmed medan sumatera utara. pertama terlepasdari bnyaknya masalh yang timbul saat proses perjalanan d3tkj, saya pribadi mersa bersyukur dan berterima kasih kepada bapak dan tim atas prakarsanya dalam program ini, bnyak cerita yang kami alami dalam menjalani proses ini,tentunya setiap orang berbeda-beda, saya sendiri ckup terbantu dengan adanya ict centre deli serdang, wan dki jakarta ( thanks om bona, om sindu, om anton, om usman siregar, dll) selaku t4 saya magang, dimana dari meraka saya mendapatkan ilmu yang luar biasa, dan menjadi bekal saya sampai skrang. tapi bnayk cerita pahit juga dari rekan2 seperjuangan pak,, mulai dari keterbatasan ilmu yang didapat baik itu dari provider ataupun ict centre sndiri.. sehingga result yang di hasilkan tidak sesuai.. ataupun masuk “0” keluar “” selama 3 tahun masa proses. saran saya pak..metode tahapan2 selanjutnya pak, harus disesuaikan dengan keadaan daerah masing2 dan harus ada pengawasan yang ketat dari pust. sehingga kita bisa mencapi target yang diinginkan,

    rgds,
    zainudin

    • sdr zainudin terimakasih masukan, kita selalu memperbaiki yg sdh berjalan, memang suatu proses tidak berjalan dgn baik, bila tidak di lakukan perbaikan yg terus menerus, dgn pla magang di tempat lain,s sebenarnya ini menjadi sumber belajar yg baru dan terkini terutama di bidang it…
      setelkah anda di perjalankan semoga ilmu anda berguna utk lingkungan…tidak semua nya bernasib seperti anda dapat bimbingan dari mereka yg baik di wan jkt, tolong ajarkan ilmu adan ke seluruh siswa /mhs angkatan sekarang ya…

      • ilmu itu udah teru ssya shraing kepada siswa2 dan rekan2 pak,,, sesuai dengan amnah om sindu, anton dan bona, alhamdulilah sudah ada beberapa orang siswa yang bisa menang di lomba ktrampilan siswa nasional pak. dan palning skrang sya pingin balik ngembangkan daerah asal.. simelue, aceh, pak. direncanakan bulan 11 nanti saya mau shring ilmu dengan rekan2 guru2 disana yang diprakarsai smkn2 simelue. klau bisa pak, seamolec juga ikut membantu dengan mengeirmkan team untuk melatih guru disana membuat pelajaran elearing ( moodle). ditunggu bantuannya pak untuk daerah pinggiur indonesia… salam hangat penuh semangat… salam pendidikan

  10. sekarang sedang kita kembangkan utk aceh bberapa titik yg akan di pasang oleh mulicast…bisa kah kami di beri nama teman2 anda yg ada di setiapkabupaten..?sehingga mereka bisa kita libatkan dalam pemasangannya…dan menjadi tim teknis kita di lapangan nantinya…yg memeliharasa sistem yg sdh ada….
    selamat berkarya…anda aktif dimana sekarang..?

    • saya aktif di smkn1 beringin kepseknya ( pak usman siregar, mungkin bpak kenal) dan saya juga menangani ict centre deliserdang dan membantu rekan2 ict lainnya dalam masalh teknis yang ada di sumut. tujuan keaceh sebenarnya cuma pingin sharing kerekan2 yang lain, ya mengabdi ketanah kelahiranlah pak… kalu team teknis saya belum bisa ngerekomendasikan pak. karna baru ini kesempatan saya untuk sharing ilmu dengan rekan2 yang ada di simelue, nad. tapi kalu disumut ada beberapa nama yang bisa direkomendasikan. rencananya kegiata disemelue akan kita laksanakna pada 19 s/d 23 november. salam hangat penuh semangat… slam pendidikan

  11. smkn1 beringin kabupaten deli serdang, sumut

  12. oke selamat berkarya di simeuleu….tolong di data juga siapa yg aktif dan mampu dlm pengembangan it di seumeulue ya..krn kita perlu bbrp teman d3 yg bisa kita sempurnakan ilmunya dalam pengembangan multicast dalam tahun ini….

  13. Assalamu alaikum,
    Pak Gotot, ini sya dari D3tkj UM, kami dahulu waktu pertama daftar kuliyah smpai berjalannya kuliyah saya sangat semangat, sya sangat berharap dengan kuliyah kami tersebut dapat mempermudah jalan kehidupan kami, kami kulyah dari trenggalek sampai dengan malang tiap bulan, dengan cita-cta yang sangat besar, dengan keinginan yang telah kami programkan, kami sangat bangga dengan jursan kami D3TKJ, jurusan yang sangat banyak ditunggu2 di dunia kerja, tetapi pak, setelah kami wisuda pada bulan september yang lalu kami menerima ijazah yang buyinya dalam ijazah itu D3 Elektronika, bukan Teknik Komputer dan Jaringan,

    Kami tidak bisa daftar cpns yang jurusan Teknik komputer pak, setiap daftar pasti dikembalikan alasannya karena ijazah nya tidak sesuai dengan persyaratan, walaupun kami sudah meminta surat keterangan kalo kami dari konsentrasi TKJ tetap tidak bisa,
    yang jadi pedoman tetep bunyi dari ijazah yang berbunyi D3 ELEKTRONIKA,

    dan seandainya ada pendaftaran yang jurusan D3 elektronika kami pun masih berfikir2 untuk mendaftar karena kami kurang pengetahuan dalam elektronika.

    Dari permasalahn tesebut kami memohon saran bapak untuk ketenangan diri & masa depan kami , agar kami tidak keliru dalam mengambil keputusan, karena teman-teman seangkatan saya juga merasakan seperti yang saya rasakan saat sekarang ini.

  14. provider manakah anda..?

  15. ikut yg berikutnya saja..s1 teknik informatik di um juga, cari p slamet saja…kan d3tidak bisa jadi guru…

    • kebanyakan dari kami itu sudah berumur dan bekerja di sekolah-sekolah di bawah naungan dinas sesuai persyaratan yang dulu di perlukan untuk medaftar seamolec pak, jadi kami tidak bisa meneruskan kuliyah kami, disebabkan waktu, biaya, keluarga yang harus ditanggung.
      karena itu kami merasa sangat gundah waktu melihat ijazah kami yang bunyinya D3 Elektronika, bukan D3 Teknik Koputer dan jaringan.
      kemarin di trenggalek saja ada lowongan D3 Teknik komputer, kami tidak bisa mendaftar pak, dan ada juga yang mendaftar di daerah lain juga tidak bisa,

      pak saumpama ini masih bisa diperbaiki kami mohon kerendahan hati bapak untuk bisa membantu kami,
      karena ini akan sangat membantu kami.,

      • ada 2 pilihan, tetep mengabdi pada sekolah atau di industri….atu menajdi guru di bidang elektro sesuai dgn ijasah yg ada di ijasah anda….

  16. Yth. Pak Gatot.

    Sebelumnya saya sampaikan banyak terimakasih atas adanya beasiswa D3 TKJ. Saya angkatan kedua dan sudah wisuda 26 September 2010 di UM. Banyak ilmu yang saya dapat dari kuliah ini, sebelumnya saya sangat awam mengenai webdesign, jaringan dan komputer. Sekarang saya sudah bisa membuat web di http://www.smpn1pandaan.sch.id serta membangun jaringan LAN dan Wireless di sekolah tersebut. Dari informasi yang saya dapatkan dari kampus, saya juga bisa gabung ke milis pustekkom. Dari milis tsb saya mencoba untuk mengajukan permintaan ketika ada “bagi-bagi server konten Jardiknas dan Alhamdulillah permohonan dikabulkan dan sekarang Server sudah terpasang (meski sementara hanya untuk intranet).

    Pada tahun 2007 diawal perkuliahan, saya sudah mengurus Ijin belajar ke Dinas Pendidikan Kab. Pasuruan dan terbit Surat Ijin Belajar yang ditanda tangani oleh wakil Bupati. Namun kemarin ada kendala ketika saya mengajukan ijazah D3 ke Dinas Pendidikan untuk penyesuaian kepangkatan, Ijazah D3 terbitan UM saya ditolak oleh bagian kepegawaian dengan alasan Ijin belajar saya masih berbunyi NRPTT (Honda) bukan NIP. (saya CPNS tahun 2008) Hal ini sudah saya konsultasikan dengan Pak Hary Suswanto (UM) dan beliau menyarankan untuk loby ke BKD.

    Mohon petunjuk untuk mengatasi masalah ini agar ijazah D3 yang diterbitkan UM bisa bermanfaat bagi kedinasan saya. Atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

  17. mba suhita, silahkan datang ke bkd saja dan diskusi solusi nya dgn ka bkd, yg jelan waktu anda kuliah dgn ijin wabup masih belum cpns, kmdn anda diterima dgn ijasah sma/slta, kan ada masa percepatan utk kenaikan pangkat selain drpd penyesuaian ijasah…coba cari dgn cara kum bila memungkinkan…
    tapi dari itu semuanya kita sukurin saja sdh lulus d3 dan jadi pegawai negeri pula….

  18. pak program D4 ini sampai kapan setelah Bacht 4 apakah ada lagi selanjutnya

    terima kasih pak ghatot

  19. Yth. Pak Gattot
    Ass……
    Begitu banyak yang dilalui dan dilewati di saat menjadi bagian dari program D3TKJ ini, suka duka menjadi hal yang tak terpisahkan lagi, pahitpun itu kita tetap mencoba untuk menerimanya menjadi sebuah pelajaran penting. Dan alhamdulillah semuanya selesai tanpa terasa, 2007 ku memulai semuanya dan 31 Juli 2010 semuanya berahir dengan toga hitam dengan lis kuning, Sekarang saya masih melangsungkan magang kerja di SMP N 1 Dompu yang telah merekomendasikan kami dulu, dan sampai sekarang kami masih terus mencari dan menggali informasi tentang kelanjutan program ini, kami sangant berharap lebih program pemerintah ini.
    Dan harapan kami karena daerah kami sangatlah jauh dari provider kami semoga bapak dapat tetap mengirimkan info – info mengenai kelanjutan program ini , saya sangat berharap dapat melanjutkan ke jenjang selanjutnya tapi terbentur dengan masalah biaya, mudah – mudahan info dari Bapak tentang wisuda dan lain sebagainya bisa membantu,
    Makasih sebelumnya
    Wassalam.

  20. iya kita merencanakan batch ke 4 utk itb, dan batch ke 3 ut ut on line…tinggal piliha mana yg sesuai dgn kondisi daerah ajah…

  21. Salam kenal untuk rekan-rekan semua, saya dari D3 TKJ Polnep (Politeknik Negeri PONTIANAK) dan begitu banyak cobaan sewaktu kuliah dan setelah kuliah membuat saya dan rekan-rekan bekerja keras namun Alhamdulilah hasilnya memuaskan ada beberapa rekan yang telah melanjutkan ke jenjang D4, ada sebagian yang telah bekerja di perusahaan swasta dan beberapa diterima dilingkungan pemerintahan….

    kedepannya semoga program beasiswa dapat berjalan dengan lancar demi mencerdaskan kehidupan bangsa…. bravo all

  22. maaf pak untuk D4 blum ada info ya

    terima kasih pak

  23. bagi yg mau meneruskan ke d4 itb atau uts1 matematika, silahkan hubungi ibu dewi di seamolec utk seleksi awal bulan maret 20`11 , kuliahnya mulai april di bandung kira2…bgt jadwalnya…

  24. siap pak di tunggu info selanjutnya

  25. Mei 2009 lalu saya wisuda d3tkj di politeknik TEDC Bandung, sebulan kemudian saya ikuti testing alih jenjang d4 peningkatan kualifikasi guru smk – disdik jabar. masih di poltek tedc. menjelang akhir juni mulai perkuliahan dan 18 desember 2010 lalu saya kembali diwisuda d4. sekarang sudah SST, pa heh.
    kembali ke daerah (Sumedang) mengingat di dearah ada juga perguruan tinggi, dan kebanyakan dosen2nya produk dari PT itu jg, di luar dugaan saya di tawari jadi dosen di STIE-nya.
    hanya kndalanya saya dituntut lanjutkan ke S2, andai ada beasiswa juga pa??
    Ya, berkat d3tkj (saya angkatan pertama) akhirnya saya harus maraton kuliah sampai sekarang

  26. smoga d4 2011 terlaksana. karena sangat mengharapkan. agar bisa melanjutkan ke jenjang berkutnya

  27. Saya jg Mahasiswa D3 TKJ Politeknik Madiun dan skrang bekerja sbg Laboran d SMAN 1 Gondang.
    Benar apa yg dikatakan sodara “Iki”,begitulah keadaan yg kami alami di kampus.
    Saya banyak belajar dari tempat saya magang(SMAN 1 Gondang) daripada di kampus. Tp sya sangat bersyukur krna dg adanya program JARDIKNAS ini saya bisa mendapatkan peluang kerja yang bagus.
    Saya berharap bisa ikut progrm alih jenjang ke D4 tahun ini dan mengembangkan apa yg saya dapat selama pendidikan di POLMA dan di tempat magang karena tempat magang saya masih perlu pengembangan IT.
    termakasih Pak Gatot.

  28. saudara erwin mari kita lanjutkan

  29. Asslkm..slam knal. Sy alumni D3TKJ universitas negeri Gorontalo angkt 2..Kamis,10 feb 2011 kami baru terwisuda…mhon info unt t4 kuliah D4 yg terdekat…

    • dear shanty, silahkan saja gabung dgn politek manado utk d4 nya…beasiswa di berikan oleh pemda atau sekolah anda saja…

  30. mbak Shanty Junita selamat ya salam kenal dari IGW jarko Lampung,

    sepertinya kita di suruh nunggu bulan 3 ini. untuk melanjutka

  31. Assalamu alaikum,
    Pak Gotot, ini saya dari D3tkj Universitas negeri Surabaya tahun 2007, yang saya tanyakan adalah kenapa beasiswa kami dihentikan pada saat kami melaksanakan semester akhir dan saat ujian TA?? Perhatian Bapak sangat kami perlukan.. terima kasih..

    • silahkan tanya pengurus dan tanya pada pustekom…yg saat ini mengurusi beasiswa tersebut…sebenarnya walaupun di putus, anda kan bisa juga menyelesaikan secara mandiri kan..

      • Terima kasih..

      • slam semua kepada teman2 seangkatan dan yang beralmamaterkan D3TKJ?
        seblmx saya memperkenlkn diri saya,
        nama saya sahir, provaider saya AMIK Yappenas Kendari sulawesi tenggara, saya angakatn 2006 kami wisuda bulan agustus tahun 2010 kemarin,
        saya setuju dengan sadri Maria dan teman2 yang lain bahwa kami sangatlah berterima kasih dengan adanya program ini dari pemerintah yang dimana tujuannya tidak lain hanyal untuk mercerdaskan bangsa, namun terlepas dari itu sebagai manusia biasa, kami sangat heran dan nyeris dengan adanya program ini krn pada awalnya sangt berjalan lancar sesuai dengan prosedur dan aturan yang diturunkan oleh Pusat, namun selang setahun kemudian proses perkuliahan sudah mulai tidak teratasi dengan ketidakpastian krena sesuai dengan MOU yang kita tandatanganii diatas materai itu terkesan diabaikan oleh pihak pengelola program ini.
        slah satu contohnya, sama seperti sdri maria pertanyakan sama pak gatot bhwa subsidi beasiswa yang dijanjikan ssuai dengan MOU yang qt tanda tangani yang pada awal perkuliahan kita selalu dibayarkan namun menjlang pertnghan perkuliahan dan menjlang akhir perkuliahan smua itu sirna entah kemana aturan-aturan yang pernah disepakati, kami tidak taw apa memang program sdah berjalan dengan baik dengan model seperti ini atau ada kesalahan pengelolaan.dan pada akhirnya kami harus membayar sendri. yang perlu saya pertanyakan dengan teman2 disini dimana ltak keabsahan MOU yang pernh kita tanda tangani dulu……?
        kemudian pada saat kmi kuliah itu kurikulumnya sangatlah tidak jelas karena yang tadinya sistemnya adalah sistem paket ternyata berubah jadi sistem SKS, mohon penjelasannya, dan mudah-mudahan kedepan-kedepannya law ada kelanjutan program ini ke D4 (S1) mohon memberikan sosialisasi dan info yang jelas sehingga bisa dpertanggungjawabkan nnti pada saat ada kendala mahasiswa untuk memprtanyakan masalahnya kepada bapak-bapak pengelola program!

      • slam semua kepada teman2 seangkatan dan yang beralmamaterkan D3TKJ?
        seblmx saya memperkenlkn diri saya,
        nama saya sahir, provaider saya AMIK Yappenas Kendari sulawesi tenggara, saya angakatn 2006 kami wisuda bulan agustus tahun 2010 kemarin,
        saya setuju dengan sadri Maria dan teman2 yang lain bahwa kami sangatlah berterima kasih dengan adanya program ini dari pemerintah yang dimana tujuannya tidak lain hanyal untuk mercerdaskan bangsa, namun terlepas dari itu sebagai manusia biasa, kami sangat heran dan nyeris dengan adanya program ini krn pada awalnya sangt berjalan lancar sesuai dengan prosedur dan aturan yang diturunkan oleh Pusat, namun selang setahun kemudian proses perkuliahan sudah mulai tidak teratasi dengan ketidakpastian krena sesuai dengan MOU yang kita tandatanganii diatas materai itu terkesan diabaikan oleh pihak pengelola program ini.
        slah satu contohnya, sama seperti sdri maria pertanyakan sama pak gatot bhwa subsidi beasiswa yang dijanjikan ssuai dengan MOU yang qt tanda tangani yang pada awal perkuliahan kita selalu dibayarkan namun menjlang pertnghan perkuliahan dan menjlang akhir perkuliahan smua itu sirna entah kemana aturan-aturan yang pernah disepakati, kami tidak taw apa memang program sdah berjalan dengan baik dengan model seperti ini atau ada kesalahan pengelolaan.dan pada akhirnya kami harus membayar sendri. yang perlu saya pertanyakan dengan teman2 disini dimana ltak keabsahan MOU yang pernh kita tanda tangani dulu……?
        kemudian pada saat kmi kuliah itu kurikulumnya sangatlah tidak jelas karena yang tadinya sistemnya adalah sistem paket ternyata berubah jadi sistem SKS, mohon penjelasannya, dan mudah-mudahan kedepan-kedepannya law ada kelanjutan program ini ke D4 (S1) mohon memberikan sosialisasi dan info yang jelas sehingga bisa dpertanggungjawabkan nnti pada saat ada kendala mahasiswa untuk memprtanyakan masalahnya kepada bapak-bapak pengelola program!

  32. pak d4 itb batch 4 belum ada info ya

    terima kasih pak

  33. kayaknya sdh ada…di web seamolec…

  34. saya lihat yang lama lo pak yang baru belum ada. bagaimana pak untuk mendapat info yang jauh ini

  35. utk d4 dgn ITB, kita mulai tgl 18 juli 2011, seleksi sdh di berikan kepada bbrp provider yg berminat gabung dgn joint program seamolec tersebut…

  36. ass. pak saya anak TKJ, mau tanyak untuk memperpanjang kontrak di sekolah itu bagaimana… sekian pak. mohon penjelasanya

  37. pak saya dari http://sdn11-jimbaran.blogspot.com. nama saya novyari kuzazi iputu.saya belum lulus pada semester akhir TA D3tkj akibat sakit yg saya derita yaitu terkena scizoprenia ringan dan vertigo..sekarang saya pindah ke STMIK sumedang. saya masih memiliki PR di sd 11 jimbaran yaitu keadaan lab komputer yang komputernya sedikit dan lama…tolong pak kalo bisa adakah program untuk mendapatkan komputer bagus terima kasih d3tkj banyak ilmu yg saya dapatkan disini terima kasih. semoga bapak sehat dan sukses selalu amin

  38. Teringat masa masa TKJ dulu

  39. Pengalaman Kuliah D4 “Kuadrat”
    assalamualaikum wr.wb..
    pak, nama saya andri setia permana asal dari Kab.Bandung disini saya ingin membagi pengalaman mengenai pendidikan saya sejak Sekolah Menengah Atas sampai dengan Perguruan Tinggi serta pekerjaan yang selama ini saya jalani.
    pertama saya bersekolah di SMA Plus Islam Pacet, satu-satunya sekolah menengah atas saat itu yang berada di daerah saya tepatnya di Desa Maruyung Kec.Pacet Kab.Bandung daerah yang letaknya sekitar lebih kurang 40KM sebelah selatan dari Kota Bandung.
    mulai sekolah dasar negeri, sekolah menengah pertama negeri sampai dengan SMA, pahit manisnya masa kanak-kanak dan remaja saya jalani dengan keriangan & kegembiraan bersama teman-teman & keluarga, sebuah kehidupan yang mengajarkan saya memahami makna etika, kesopanan serta santun terhadap sesama & terlebih kepada yang usianya diatas saya. tidak terasa waktu merenggut kehidupan kita dengan begitu cepatnya, tiga tahun menjalani sekolah di SMA mengharuskan saya dan teman-teman mengikuti Ujian Nasional yang diselenggarakan secara serentak oleh pemerintah. alhamdulillah kami semua bersyukur atas kelulusan UN yang kami jalani sebelumnya. tidak ada terlintas sedikitpun pikiran untuk melanjutkan kuliah, yang terlintas dalam benak ini hanya pekerjaan setelah menyelesaikan pendidikan di SMA. bagaimana tidak saat kondisi terakhir menjelang kelulusan SMA, saat dimana orang tua (ayah) akan menjalani operasi besar di RSHS Bandung. itu semua membuat impian saya untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi menjadi sebuah hal yang dirasa tidak mungkin. saat sebelum ayah menjalani operasi itu beliau berpesan bahwasanya apapun yang terjadi saya harus dan harus terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, saat itu saya tidak penah memahami apa yang dikatakan orang tua seperti itu. satu minggu setelah ayah sadar dalam menjalani operasi saat itu pula saya disuruh mendaftar ke perguruan tinggi, saat itupun saya melangkahkan kaki saya untuk menuruti apa yang diinginkan orang tua saya, saya berangkat ke kota dengan diantar oleh salah satu sahabat saya bernama adi koswara untuk langsung mendaftar di perguruan tinggi. saat itu tahun 2002 pendaftaran mahasiswa baru sekitar lebih kurang Rp.175.000,- sebuah nilai nominal yang membuat saya sedikit menghela napas. tidak lama berselang sayapun diterima di Program Studi Diploma 3 Jurusan Teknik Informatika sebuah jurusan yang saat itu masih sedikit langka, alhamdulillah perjalanan diploma 3 dari awal sampai dengan akhir bisa saya jalani dengan baik, sekalipun saya tahu bahwasanya pada saat itu ayah saya menjual tanah tepat dibelakang rumah untuk memenuhi pembiayaan saya. sebuah pengorbanan yang harus saya muliakan.
    Seiring dengan perjalanan waktu saya pergi ke ibukota untuk memenuhi pekerjaan sebagai programmer, takdir allah kita tidak tahu, tahun berikutnya saya memutuskan untuk mengajar di salah satu sekolah menengah atas unggulan di kabupaten bandung tempat saya lahir dan dibesarkan. Saat itu kebijakan pemerintah mengharuskan para guru yang belum memiliki kualifikasi sarjana untuk melanjutkan pendidikan minimal sarjana. Dari sana timbul pemikiran untuk mencari kampus yang menerima kelas karyawan mulai dari ITB, UPI sampai dengan kampus-kampus lainnya. Saat itu program D4 ITB belum dibuka, dilanjutkan program S1 ilmu komputer UPI baru masuk tingkat dua, tetapi ada salah satu perguruan tinggi swasta yang membuka pendidikan berkelanjutan untuk para guru dengan bantuan alias beasiswa khusus dari pemerintah provinsi. saat itu juga saya tidak melewatkan program beasiswa bagi para guru yang ditawarkan pemerintah provinsi. dan Alhamdulillah setelah mengikuti seleksi tulis dan wawancara akhirnya saya lulus beasiswa dinas pendidikan provinsi jabar dan berhak mendapatkan beasiswa pendidikan Program Diploma 4 Jurusan Teknik Informatika di salah satu perguruan tinggi di Cimahi.
    Tidak lama berselang akhirnya wisuda sarjan sains terapan terpenuhi dengan baik. Setelah menyelesaikan program diploma 4, saya kembali mengajar anak-anak SMA seperti biasanya. Dunia pendidikan dan pengajaranpun akhirnya mulai menyatu dalam diri sehingga saya memutuskan untuk mengikuti program pendidikan lebih tinggi lagi yakni program Magister Teknik. Beberapa hal saya persiapkan untuk mengikuti program pendidikan magister seperti mengikuti kursus TOEFL karena target S2 yang akan saya ikuti cukup membuat para calon mahasiswa magister merasa segan dengan nama besar ITB. Saya jalani kursus TOEFL, belajar TPA dan hal-hal lain yang sekiranya mendukung untuk saya bisa mengikuti program magister itu, disamping kegiatan harian yang tidak saya tinggalkan yakni mengajar anak-anak sekolah. Beberapa bulan berikutnya sehabis mengikuti tes TOEFL akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti daftar program magister teknik yang dibuka oleh kampus ITB.
    Saat saya mendaftar melalui petugas penerimaan program magister, petugas tersebut dengan tegas mengatakan bahwasanya kami pihak kampus tidak menerima izajah Diploma 4 untuk melanjutkan ke jenjang program magister melainkan lulusan dari Diploma 4 kampus kami. Dan seorang petugas menyarankan untuk mengikuti program pendidikan Diploma 4 ITB untuk memenuhi persyaratan administrasi kampus tersebut sekalipun saya telah selesai mengikuti Diploma 4 pada kampus lain.
    Sebagai seorang manusia biasa Sejenak perasaan kecewa dan pertanyaan besar muncul dalam pikiran. Yang pertama mengapa lulusan Sarjana Strata 1 dari kampus manapun dipersilakan untuk melanjutkan ke program magister teknik sementara lulusan program diploma 4 tidak boleh melanjutkan ke program magister selain kampus ybs. Pertanyaan kedua bagaimana dengan kepres 2007 yang menyatakan bahwasanya Diploma 4 itu sederajat dengan Strata 1. Dua pertanyaan itu yang membuat saya terheran-heran lalu pulang dengan tanpa daftar pada program magister.
    Hari demi hari saya jalani sebagai seorang pengajar sembari saya rehat dan saya berpikir positif mengenai kejadian kemarin yang saya lalui. Disana saya sadar bukan kampus menghalangi saya untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi namun mungkin kualifikasi saya belum sesuai dengan pihak kampus inginkan. Sebagai seorang muslim bahwasanya makna pendidikan pada hakikatnya itu terletak bukan hanya pada gelar semata tetapi bagaimana kita dapat memahami esensi dari keilmuan itu sendiri.
    Oleh karena itu Beberapa hari kemudian, saya kembali ke kampus besar dan bergengsi itu untuk mendaftar dan mengikuti semua prosedur yang dipersyaratkan pihak kampus. Semua saya jalani dengan penuh kesadaran dan niat yang baik. Akhirnya allah memberikan kesempatan saya untuk menimba ilmu di kampus bergengsi itu dengan kembali mengambil program studi diploma 4. Hari demi hari saya jalani perkuliahan dan kegiatan di kampus yang pada akhirnya mengantarkan saya untuk mengikuti sidang akhir diploma 4 ITB. Saya kembali menyadari perbedaan yang begitu jauh dan mencolok dengan kampus diploma 4 saya terdahulu mulai dari staff dosen sampai dengan daftar matakuliah, disini saya betul-betul di didik dan dilatih untuk selalu siap dan cepat dalam mengerjakan latihan project yang diberikan oleh dosen-dosen kampus sekalipun saya beserta teman-teman belum memahami bahkan belum pernah diajari sebelumnya oleh dosen mata kuliah yang mengampu.
    Kelulusan sidang tinggal kurang lebih 2 minggu lagi (2 desember 2014). Namun tawaran untuk mengikuti beasiswa program Pascasarjana / S2 yang saya impikan sudah ada didepan mata dan terlebih saya beserta teman-teman mendapatkan tawaran untuk mengikuti program pendidikan pascasarjana mulai dari Program S2 ITB, S2 ITB-Korea, S2 ITB-Jepang sampai dengan S2 Saint Petersburg State University-Rusia. Ini semua tidak terlepas dari kehendak allah dan doa orang tua melalui jalan seorang Bapak kami yang kami hormati yakni Bapak Dr.Ing. Gatot Hariprijowirjanto yang dengan kesungguhan hati beliau, beliau mampu dan terus berjuang memajukan pendidikan di Indonesia melalui beberapa kebijakan-kebijakan positif yang beliau keluarkan. Saya ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya untuk beliau mudah-mudahan allah swt membalas kebaikan beliau baik di dunia maupun di akhirat kelak. Amiin.
    Salam hormat dari saya Andri Setia Permana. Billahi fie sabilillhaq, assalamualaikum wr.wb.

  40. Pendidikan adalah salah satu jalan kita mendapatkan ilmu pengetahuan dan dengan ilmu pengetahuan kita dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan bagi orang lain . Dengan pendidikan kita dapat meningkatkan diri kita ke tingkat yang lebih baik. Belajar dan terus belajar karena tidak ada kata berhenti dalam belajar . perkenalkan nama saya Fajar Nur Rachmad dan saat ini saya sedang menempuh pendidikan di Diploma 4 ITB kerjasama SEAMOLEC dan saya ingin bercerita tentang kisah pendidikan yang saya tempuh.
    Tentu pendidikan pertama saya dapat dari orang tua saya namun yang saya akan ceritakan adalah beberapa pendidikan yang pernah saya tempuh baik secara formal maupun non formal. Sewaktu saya berumur sekitar 3 tahun saya sudah dimasukan oeleh orang tua saya ke Taman Kanak-kanak Al-quran saya sudah tidak begitu ingat dimana TKA saya pertama kali yang pasti saya belajar agama disana kemudian ketika umur saya 4 tahun lebih saya memulai pendidikan di Taman kanak-kanak An-nur dan dan pertama kali mengenal membaca menulis dan menulis huruf latin.
    Kemudian saya melanjutkan ke SDN Pondok Benda 1 selama belajar disana saya belum begitu memahami pentingnya pendidikan sehingga saya sekolah ya karena ikut ikut saja tetapi ada yang aneh yang baru saya sadari. Ketika masih SD saya sangat tidak rela jika sampai tidak masuk sekolah selama saya masih bisa masuk saya akan masuk padahal jarak antara rumah dan sekolah saya lumayan jauh sehingga saya harus naik angkutan umum sekitar 30 menit untuk sampai ke sekolah. Ya saya baru sadar saya suka belajar walaupun saya akui tidak semua mata pelajaran saya suka.
    Tamat sekolah dasar saya melanjutkan ke SMPN 2 Pamulang dan kesan pertama kali saya masuk SMP adalah kereeeeeeeeeeeeeeeeeen pertama kali mengenal OSPEK pertama kali tau ada ekskul dan bangga rasanya pakai seragam putih biru wooooh saya bersemangat sekali diawal bisa punya teman baru guru baru dan banyak mata pelajaran baru. Saat SMP saya ikut ekstra kulikuler Palang Merah Remaja walaupun hanya bertahan satu tahun tapi lumayan dapat pengalaman. Selama masa-masa SMP saya tidak terlalu suka dengan organisasi sekolah sehingga kegiatan saya ya hanya sekolah dan setelah itu pulang begitu saja hingga saya lulus dari SMP dan saya melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
    Walaupun saya di terima di SMA yang saya inginkan tapi karena pertimbangan lain saya memilih untuk bersekolah di SMKN 3 Serpong yang sekarang menjadi SMKN 1 Kota Tangerang Selatan, mungkin sudah rezeki saya bersekolah disini karena disini saya bisa mendapatkan banyak hal yang mungkin saya tidak akan dapat di SMA karena di SMK saya mendapat ilmu kejuruan dan jurusan yang saya ambil adalah teknik mesin, jujur saya agak kurang suka jurusan ini pada awalnya tapi seperti yang banyak orang bilang, cintai pekerjaanmu maka pekerjaan akan mencintaimu dan saya lambat laun mulai suka dengan jurusan yang saya pilih. Di SMK saya juga mulai merasakan betapa menyenangkannya ikut organisasi dan ekskul yang ada di sekolah, diawali dengan menjadi korban tunjuk teman teman sekelas saya akhirnya ikut menjadi anggota majelis perwakilan kelas daya juga ikut ekskul keteknikan kemudian di kelas XI saya menjadi anggota OSIS dan sempat menjadi sekretaris osis dan dimasa ini saya juga merasakan bagaimana rasanya magang dan ini lah salah satu hal yang tidak akan saya rasakan di SMA, saya melakukan magang atau Praktek Kerja Lapangan di BATAN PUSPITEK lebih tepatnya lagi di PTBIN selama 3 bulan disana saya juga mendapat banyak sekali ilmu yang saya tidak dapat di sekolah. Bisa di bilang kelas XI adalah tingkat paling menyenangkan selama bersekolah di SMK. Naik ke kelas XII saya mendapat kesempatan untuk menjadi anggota PASKIBRAKA Kota tangerang Selatan dan ini salah satu pengalaman yang paling berkesan didalam hidup saya. Kami latihan selama satu bulan dan Alhamdulillah bisa mengibarkan dengan sukses. Kemudian saya lulus dengan predikat yang cukup memuaskan.
    Selanjutnya saya memutuskan untuk kuliah padahal saya tidak ada niat untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan ya karena salah satu alasan saya masuk SMK ya karena ingin langsung kerja tapi saya mendapat tawaran dari guru saya untuk melanjutkan kuliah di AMIK Wahana mandiri – SEAMOLEC tapi berbeda bidang dengan yaitu di bidang komputer dengan gelar yang didapat Diploma 3 yap tapi apa salahnya belajar sesuatu yang baru dan akhirnya tawaran itu saya terima.
    Kuliah yang saya jalani agak berbeda dengan kuliah pada umumnya yaitu kuliah sambil kerja . kerja yang dimaksud adalah selama perkuliahan berlangsung saya diwajibkan untuk magang di SEAMOLEC atau di Sekolah asal tetapi saya malah magang di kedua-duanya. Di SEAMOLEC saya di tempatkan di divisi training saat magang saya mendapat banyak ilmu baru mulai dari yang sederhana sampai yang cukup membuat saya pusing dan kalau ditanya bagaimana rasanya magang di seamoec dibilang tekanan cukup tinggi iya tapi justru disitu kita dibiasakan untuk bekerja di bawha tekanan . di Seamolec saya juga merasakan tugas luar kota kebeberapa tempat, saya juga merasakan bagaimana rasanya mengajar orang yang bahkan gelarnya lebih tinggi dari saya dan dari sini saya belajar bahwa mengajar itu bukan masalah gelar atau umur tapi asalkan kita punya ilmu yang bermanfaat maka ilmu itu bisa kita bagi ke siapapun dan itu menyenangkan.
    Di sekolah saya menjadi asisten dari guru komputer di sekolah lama saya yaitu pak muhardi. Sangat senang menjadi asisten beliau karena beliau salah satu orang yang tidak pelit ilmu dan begitu baik ke saya. Selama saya magang di SMKN 1 Tangerang Selatan maka hasrat cinta saya dalam dunia mengajar semakin tumbuh dan tumbuh sampai akhirnya saya diminta untuk menjadi guru di SMKN 5 Tangerang Selatan, saya mengajar disana kurang lebih selama dua semester dan berhenti karena saya hendak melanjutkan ke jenjang selanjutnya yaitu Diploma 4 di institut teknologi bandung.
    Alhamdulillah saya bisa melanjutkan ke jenjang Diploma 4 di Institut Teknologi Bandung. Cara belajar suasana dan tekanan kuliah Diploma 4 sanagat berbeda di Diploma 4 saya di tuntut lebih mandiri lagi dalam belajar sehingga dosen benar benar mengarahkan tetapi tetap kita harus mencari sumber belajar lain. Banyak ilmu baru yang saya dapat dari perkuliahan di Diploma 4 yang saya tidak dapat saat saya kuliah Diploma 3. Saya juga mendapatkan kesempatan magang di Polda gorontalo sebagai teknisi dalam persiapan pelaksanaan perkuliahan jarak jauh PTIK. Pengalaman yang sangat luar bisa bisa magang disana dan karena magang disana jadi bisa merasakan bagaimana sih rasannya bekerja di kepolisian walaupun hanya sebentar. Selanjutnya saya ditempatkan kembali di Lembaga Penjamin Mutu pendidikan atau disingkat LPMP di provinsi gorontalo disana saya bertugas untuk mensosialisasikan simulasi digital dan melakukan uji coba training online ke beberapa calon sekolah rujukan. Setelah tugas magang saya selesai saya kembali ke ITB untuk melanjutkan perkuliahan saya dan tugas akhir hingga saat ini saya telah selesai sidang.
    Sekian cerita tentang pendidikan saya yang sampai sekarang pun belum selesai, semoga bisa menginspirasi

  41. Muhammad Hamzah, Saya lahir di Jakarta pada tanggal 2 September 1994 dari orangtua yang sangat hebat. Saya merupakan anak ke 2 dari 5 bersaudara. Dalam pendidikan, saya memulainya dari Taman Kanak-kanak (TK) Baitul Qurra pada umur 3 tahun, kemudian saya masuk ke Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Umam yang terletak di daerah pondok labu di saat umur saya belum genap 5 tahun, di Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang juga sederajat dengan Sekolah Dasar (SD). Saya berada satu kelas dengan kakak saya yang memang sudah 6 tahun saat masuk MI karena saya masuk MI lebih cepat dari pada umumnya. Lulus MI saya kemudian masuk ke SMP yang juga sama dengan kakak saya yaitu SMP Negeri 37 Jakarta di daerah Dapur Susu, Cilandak. Namun pada SMP saya tidak berada pada kelas yang sama dengan kakak saya. 3 tahun menjalani pendidikan di SMP kemudian saya lulus dan masuk ke SMK yang lagi lagi sama dengan kakak saya, yaitu SMK Negeri 41 Jakarta di daerah Timah. Lulus dari SMK saya sebenarnya daftar di perguruan tinggi yang sama yaitu STEKPI di kalibata, saya dan kakak saya masuk melalui jalur beasiswa dengan cara mengikuti tes. Sambil menunggu hasil tes tersebut, saya mencoba masuk ke perguruan tinggi yang lain, kali ini saya mendaftar di AMIK Wahana Mandri melalui beasiswa yang diberikan SEAMOLEC. Setelah sekitar hampir 2 bulan di AMIK, hasil tes dari STEKPI di umumkan, saya dan kakak saya dinayatakan lulus tes tersebut dan berhak mendapatkan beasiswa di STEKPI, tapi karena sudah terlanjur akrab dengan teman di AMIK, akhirnya saya memilih untuk kuliah di AMIK, sementara kakak saya mengambil beasiswa di STEKPI. Untuk pertama kalinya sejak TK, saya dan kakak saya berada di sekolah yang berbeda. Di AMIK saya mengambil Diploma 3 (D3) jurusan Manajemen Informatika. Dalam proses kuliah tersebut, saya di wajibkan untuk magang di SEAMOLEC. Sistem perkuliahan nya kadang di SEAMOLEC dan kadang di AMIK. Mahasiswa yang mengikuti sistem perkuliahan ini berjumah 23 orang yang berasal dari berbagai macam daerah. Ketika magang di SEAMOLEC saya di tempatkan di divisi Administrasi, yang mengurus administrasi mengenai kegiatan kegiatan yang dilakukan SEAMOLEC. Jadwal perkuliahan yang ada pada program ini yaitu, magang dari pukul 09.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB, kemudian kuliah di AMIK dari pukul 13.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB yang dilakukan rutin dari hari senin sampai jumat. Untuk Indeks Prestasi (IP) saya selama di AMIK, alhamdulillah setiap semester selalu diatas 3,00. Pada KKP saya mengambil judul Sistem Informasi Perjalanan Dinas yang di buat mengguanakan bahasa pemrograman java. Kemudian untuk tugas akhir saya membuat Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Android, dan alhamdulillah saya mendapat nilai A pada tugas akhir tersebut. Lulus dari D3 kemudian saya melanjutkan kuliah D4 program kerjasama ITB dengan SEAMOLEC yang masih berjalan hingga sekarang. Ini merupakan jenjang berikutnya setelah D3 dimana saya juga mendapatkan beasiswa dari SEAMOLEC. Pada D4 inilah saya benar benar mendapatkan pengalaman baru, untuk pertama kali nya saya tinggal jauh dari orang tua, 2 bulan pertama saya kost di Bandung karena perkuliahan diadakan di kampus ITB. Kemudian 6 bulan berikutnya saya mendapatkan tuga untuk magang di NTB. Tugas saya di NTB 4 bulan untuk membantu Polda NTB mempersiapkan serta menjalankan Perkuliahan Jarak Jauh (PJJ) antara STIK-PTIK dengan seluruh Polda di Indonesia. Tinggal di NTB atau lebih tepatnya di daerah Lombok, merupakan pengalaman yang sangat luar biasa. Lombok bukan merupakan tempat yang asing bagi saya, karena sekitar bulan agustus 2013 saya pernah ke Lombok selama kurang lebih 1 minggu untuk menjalankan tugas dari SEAMOLEC mengajarkan guru di sekitar Lombok dan Mataram mengenai Simulasi Digital. Ketika di Polda saya diberikan tempat tinggal di mess khusus tamu Polda NTB. Fasilitas nya cukup lengkap dengan suasana yang cukup nyaman. Sebenarnya saya cukup betah tinggal disana mengingat semua fasilitas cukup lengkap dan ditambah dengan alam yang luar biasa, Pantai dimana mana, bukit yang mengagumkan dan adat yang masih sangat kental. Hanya satu alasan yang benar benar membuat saya ingin pulang yaitu rindu bertemu dengan sanak keluarga. Mendapatkan banyak kenalan polisi pun merupakan salah satu keuntungan yang saya dapat. Setelah 4 bulan di NTB ternyata saya belum mendapatkan kesempatan untuk pulan karena SEAMOLEC menambah masa tugas saya selama 2 bulan, kali ini saya ditempatkan di LPMP NTB. Tugas yang diberikan LPMP dan Polda berbeda, kalau di Polda mempersiapkan segala sesuatu untuk PJJ, di LPMP saya mengajarkan atau lebih tepatnya berbagi ilmu dengan guru yang diundang oleh pihak LPMP untuk mengikuti pelatihan Simulasi Digital dengan Materi Edmono dan Buku Digital. Disana pun saya berkenalan dengan para pegawai LPMP, sesuatu yang tidak akan pernah saya dapat jika saya tidak mengikuti program ini. Berkunjung ke tempat wisata di Lombok merupakan sesuatu yang tidak bisa ditingglakan begitu saja, mulai dari Pantai Senggigi, Air Tejun Benang Kelambus sampai Gili Trawangan saya datangi, pengalaman yang sangat luar biasa. Masa 6 bulan magan pun akhirnya berakhir, saya pun kembali ke Jakarta dan bertemu dengan keluarga untuk menceritakan beribu pengalam saya selama di NTB. Seminggu setelah itu saya kembali ke bandung untuk melanjutkan perkuliahan kembali. Tugas akhir merupakan proyek akhir dari saya dan mahasiswa D4 lainnya setelah menghabiskan waktu magang 6 bulan. Judul tugas akhir yang saya dapat adalah POPO ITB, beranggotakan 5 orang, POPO ITB merupakan aplikasi pembandu bagi para pengunjung ITB untuk mengenal ITB secara lebih detail, mengetahui informasi informasi mengenai ITB serta mengetahui lokasi gedung yang ada di ITB. Yang membuat aplikasi ini menarik adalah pengunjung tidak akan dibuat bosan dengan hanya mengelilingi ITB, tapi pada aplikasi ini dibuat sebuah skenario game dimana pengunjung akan mendapatkan clue clue untuk memecahkan game tersebut, sehingga secara tidak langsung pengunjung akan berkeliling ITB sambil menyelasaikan game tersebut. POPO ITB ini terbagi kedalam 3 media yaitu website, android dan desktop. Setelah pengerjaan Tugas Akhir tersebut selama kurang lebih 4 bulan, tiba saatnya untuk sidang. Sidang pun berjalan cukup memuaskan dengan sedikit revisi yang mengiringinya.

  42. Pada akhir tahun 2009 saya telah menyelesaikan sekolah saya di SMK Negeri 1 Singkil Utara. Saat itu saya mendapatkan info tentang beasiswa ke ITB dari sekolah. Saya dan beberapa orang teman sangat tertarik dan berminat untuk mendapatkannya. Diberitahukan bahwa akan diadakan tes setelah menyelesaikan Administrasi. Namun setelah semua Administrasi saya selesaikan berita tentang kelanjutan dari Beasiswa ini tidak kunjung saya terima dan akhirnya terabaikan begitu saja. Kemudian saya diajak oleh abang saya yang kebetulan sedang kuliah di Universitas Syiah Kuala dan memiliki pekerjaan sampingan mengelola sebuah warnet di Jln. Teungku Nyak Arief tepatnya di Gang PBB – Banda Aceh.

    Tanpa berpikir panjang untuk itu karena saya ingin sekali untuk melanjutkan pendidikan saya ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Saya berharap saya dapat berkuliah di Universitas Syiah Kuala sambil bekerja mengelola warnet. Tiba di sana tidak lama kemudian dibuka SMPTN (Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri) lalu saya coba untuk mengikutinya. Saya kemudian setiap harinya bekerja di warnet sambil menunggu pengumuman kelulusan. Tidak lama kemudian pengumuman kelulusan SMPTN pun dikeluarkan dan dengan sangat kecewa saya harus menerima bahwa saya tidak lulus. Lalu saya bekerja selama 1 tahun di warnet dengan bermodalkan pengalaman yang saya dapatkan semenjak saya sekolah di jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK tempat saya bersekolah.

    Setelah bekerja selama sekitar 1 tahun akhirnya saya ingin mencoba peruntungan saya lagi untuk berkuliah. Dan Kemudian saya memutuskan untuk berkuliah di Institut Teknologi Medan (ITM) yang merupakan Perguruan Swasta di Medan. Di Institut Teknologi Medan saya memilih jurusan Teknik Sipil dan berjalan hampir selama 1 tahun. Di Medan saya bekerja di sebuah rental komputer dan kuliah hingga memasuki semester 2 (dua) saya mengalami kekurangan biaya kuliah. Saya tidak mampu untuk membayar kuliah yang sangat tinggi.

    Di tengah kebingungan saya dengan biaya kuliah, saya mendapatkan info Beasiswa Pendidikan dari SEAMOLEC. Dari info yang saya terima SEAMOLEC akan membayar semua biaya pendidikan hingga menyelesaikan D-III. Lalu saya coba untuk mengikuti beasiswa dan akhirnya diterima di AMIK Wahana Mandiri. Di sana sambil saya menjalani kuliah saya juga ditugaskan untuk rutin membantu pekerjaan staf SEAMOLEC.

    Di SEAMOLEC saya mendapatkan pengalaman yang belum pernah saya rasakan sebelumnya. Di sana saya ditugaskan membantu staf sampai ke beberapa daerah di Indonesia. Itu suatu pengalaman yang luar biasa menurut saya karena saya bisa berkunjung ke beberapa provinsi di Indonesia tanpa mengeluarkan ongkos.

    Akhirnya saya menyelesaikan kuliah saya di AMIK Wahana Mandiri dan mendapatkan gelar A.Md. saya sangat bersyukur karena akhirnya dapat menyelesaikan pendidikan saya. Tidak lama kemudian SEAMOLEC menawarkan lagi beasiswa Alih Jenjang dari D3 ke D4 di Institut Teknologi Bandung (ITB). Saya sangat senang karena akhirnya dapat berkuliah di Institut Teknologi Bandung. Ternyata Do’a saya untuk dapat berkuliah di ITB terkabulkan dengan cara yang tidak saya kira sebelumnya.

  43. Pengalaman Dimasa SMK, D3 dan D4

    Sekolah di SMKN 1 Singkil Utara

    Nama saya Haidi, saya anak ke empat dari empat bersaudara. Saya sekolah di SMKN 1 Singkil Utara. Saya memilih jurusan teknik komputer jaringan karena ingin ketika selesai sekolah saya ingin bekerja dan menerapkan ilmu yang saya dapatkan di masa sekolah. Dimasa sekolah saya sangat senang mengikuti kegiatan ektrakurikuler salah satunya adalah Kegiatan Pramuka. Dari kelas satu sampai kelas tiga SMK saya selalu mengikuti kegiatan tersebut, mulai dari menjadi peserta sampai akhirnya saya dipercaya menjadi panitia Pramuka.
    Selain Pramuka saya juga mengikuti kegiatan ektrakurikuler lainnya, yaitu menjadi anggota OSIS. Saya menjadi anggota seksi pendidikan. Pada akhir semester, sekolah saya selalu mengadakan perlombaan antar kelas maupun antar sekolah. Saya sangat suka dengan kesenian dan sering sekali saya mengikuti perlombaan sekolah dalam bidang kesenian seperti lomba baca puisi, pidato, gitar akustik, baca alqur’an, kaligrafi dan yang lainnya. Saya bukan hanya mengikuti perlombaan tersebut, tapi saya juga pernah juara dalam berbagai perlombaan disekolah seperti juara satu baca puisi antar kelas, juara 2 lomba baca puisi antar sekolah, dan juara-juara perlombaan lainnya.
    Waktu terus belalu, banyak kenangan pahit dan kenangan indah dimasa-masa sekolah yang mungkin tidak akan pernah terlupakan. Hingga suatu hari, sebulan setelah pengumuman kelulusan sekolah, saya dipanggil kepala sekolah dan ketua jurusan untuk datang secepatnya kesekolah karena ada info beasiswa. Dengan penuh harapan, saya datang kesekolah dan bertemu dengan kepala sekolah dan ketua jurusan. Kepala jurusan menjelaskan maksud mereka memanggil saya disekolah. Ternyata saya salah satu siswa terpilih dan mendapatkan beasiswa.

    Kuliah D3 Di AMIK Wahana Mandiri

    Tempat baru, teman baru dan pengalaman yang baru. Saya kuliah di AMIK Wahana Mandiri yang merupakan salah satu kampus yang ada di Tangerang Selatan. Banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan mulai dari pengalaman hidup ngekos dengan teman-teman dari berbagai daerah, magang kuliah di kantor SEAMOLEC yang memberikan beasiswa kepada saya dan pengalaman lainnya yang pastinya tidak akan pernah terlupakan sampai kapanpun.
    Dimasa D3, jadwal perkuliahan tidak seperti dikampus lain. Kami dijadwalkan kuliah dari hari senin sampai hari jumat. Setengah hari kami magang dan setengah harinya lagi kami kuliah seperti biasa. Banyak sekali ilmu yang saya dapatkan mulai dari ilmu yang belum pernah saya dapatkan disekolah seperti pemrograman, web, desain dan yang lainnya.

    Selain dikampus, saya juga banyak mendapatkan pengalaman ditempat magang. Saya sedikit mengerti dengan dunia perkantoran dan terkadang saya dan teman-teman lainnya pernah diajak keluar kota. Pengalaman yang tidak pernah terlupakan ketika saya diajak ke Bogor untuk membantu pekerjaan staf untuk menyelesaian laporan akhir tahun. Selain itu, saya juga pernah ke Jember diajak staf SEAMOLEC untuk membantu training yang diadakan disana.
    Waktu kuliah D3 seharunya 3 tahun baru selesai, namun saya dan teman teman dituntut untuk menyesaikan kuliah dalam waktu 2 tahun dengan IPK tidak boleh dibawah 2,75. Jika nilai IPK dibawah 2,75 maka kami diharuskan untuk mengembalikan uang beasiswa. Namun setelah 2 tahun terlewati, saya dan teman-teman dinyatakan lulus semua.

    Kuliah D4 di Institut Teknologi Bandung

    Setelah dinyatakan lulus dari D3, rejeki kembali datang dari Allah. Saya dan ketujuh teman saya kembali mendapatkan beasiswa dari SEAMOLEC. Beasiswa alih jenjang dari D3 ke D4 Institut Teknologi Bandung. Sistem perkuliahan D4 ITB yaitu 2 bulan materikulasi di SEAMOLEC, 6 bulan magang didaerah dan sisanya kembali ke SEAMOLEC.
    Alhamdullillah setelah setahun lebih, saya dan teman-teman berhasil melewati berbagai tantangan, hambatan disaat kuliah di Institut Teknologi Bandung hingga tanggal 14 November 2014 kami dapat menyelesaikan Sidang Tugas Akhir.

  44. Nama saya Rizqia Wulan Sari, 21 tahun. Saya lahir di Pemalang, Jawa Tengah. Sejak kecil saya tinggal di Jakarta Selatan, yang kini disebut kota Tangerang Selatan. SMK Negeri 18 Jakarta, merupakan tempat dimana saya menuntut ilmu pada tingkat sekolah menengah atas yang terletak di daerah Pondok Pinang – Jakarta Selatan. Sekolah tersebut merupakan sekolah kejuruan yang terdiri atas 3 jurusan; diantaranya adalah Akuntansi, Administrasi Perkantoran dan Pemasaran atau Tata Niaga.
    Awalnya, saya tertarik untuk mengambil jurusan Akuntansi. Namun karena seleksi dari luar daerah Jakarta yang cukup ketat, akhirnya saya masuk ke jurusan Administrasi Perkantoran. Teori yang dipelajari di jurusan ini adalah hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan seorang Sekretaris.
    Tiga tahun lamanya saya menuntut ilmu di SMK Negeri 18, banyak pelajaran dan pengalaman berharga yang saya dapatkan baik itu dari teman-teman maupun guru-guru. Pelajaran yang saya dapat sewaktu SMK adalah tidak semua siswa yang mendapatkan prestasi terbaik di kelas itu jujur. Ya, ada seorang siswi yang selalu mendapatkan ranking terbaik di kelas saya. Namun sayang sekali prestasi yang ia dapat adalah hasil dari menyontek buku pelajaran saat ujian. Pelajaran lain yang saya dapat adalah bahwa “sebongkah berlian yang tertimbun pasir sekalipun akan kelihatan juga kilaunya”, maksudnya adalah siswa yang memiliki kecerdasan yang tinggi tanpa harus menonjol dengan mencari perhatian orang lain pun juga akan terlihat kecerdasannya secara alamiah. Sedangkan pelajaran dalam bersosialisasi terhadap teman adalah kita boleh berteman dengan siapa saja, namun sebaik-baiknya teman ialah teman yang mendekatkan kita kepada Allah SWT. Hal yang tidak saya sukai dalam pertemanan saat SMK yaitu gaya pertemanan secara berkelompok dan kurang membaur satu sama lain.
    Banyak juga pengalaman yang saya dapatkan di sekolah, pengalaman yang paling berharga menurut saya adalah mengikuti kegiatan LKS (Lomba Keterampilan Sekolah). Lomba tersebut menguji kemampuan siswa-siswa di daerah Jakarta dalam penguasaan teori produktif yang diajarkan. Saya sangat bersyukur dapat memperoleh juara kedua LKS di tingkat Jakarta Selatan, walaupun saya gagal meraih juara di tingkat DKI Jakarta. Pengalaman yang juga tak terlupakan yakni saya mendapatkan gelar siswi berprestasi di jurusan Administrasi Perkantoran pada saat kegiatan wisuda.
    Setelah lulus SMK, saya melanjutkan pendidikan ke jenjang Diploma III jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Saya mengikuti program beasiswa D3 AMIK – SEAMOLEC selama dua tahun untuk mendapatkan gelar Ahli Madya. Program tersebut tidak hanya kuliah, tetapi juga melaksanakan magang di SEAMOLEC. Program ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa yang berasal dari daerah Jakarta, tetapi juga dari berbagai daerah di Indonesia seperti: Aceh, Medan, Bandung, Indramayu, Surabaya dan Manado. Hal tersebut dapat membuat saya mendapatkan pelajaran dari banyak teman dengan berbagai macam suku bangsa. Pelajaran yang saya dapatkan adalah bahwa menjadi teman yang baik itu memang harus, tetapi bukan dengan harus memberikan tugas individu untuk ditiru atau diduplikasi oleh teman yang akhirnya menyebabkan rusaknya persahabatan karena kesalahpahaman. Tidak semua teman sebaik yang kita tahu, bisa jadi mereka bersikap baik dengan kita namun ada tujuan tertentu dibalik kebaikannya. Tidak bergantung dengan seseorang membuat kita lebih mandiri dan dewasa. Kita juga tidak perlu mempercayai seseorang sepenuhnya, satu-satunya yang dapat dipercaya adalah diri kita sendiri.
    Berbagai macam pelajaran dan pengalaman yang juga saya dapatkan saat D3. Mulai dari pelajaran mengenai mata kuliah yang diajarkan di kampus, hingga pengalaman bekerja di dalam maupun luar kota saat melaksanakan magang. Saya pernah mendapatkan kesempatan untuk bekerja di luar kota, yaitu di kota Semarang selama tiga hari. Disana saya ditugaskan untuk menjadi asisten staf SEAMOLEC untuk sosialisasi game RPG Maker dalam pembelajaran. Saya juga mendapatkan pengalaman mengajar siswa SMA/SMK di SEAMOLEC pada acara workshop yang diadakan oleh SEAMOLEC, menjadi asisten instruktur untuk kegiatan sosialisasi Simulasi Digital di daerah Bogor, serta kegiatan-kegiatan lainnya.
    Selain melaksanakan kuliah, ujian dan praktek, syarat kelulusan D3 adalah menyusun Tugas Akhir. Tugas Akhir yang saya buat berjudul Sistem Informasi Pengelolaan Data Keanggotaan Santri Berbasis PHP dan MySQL. Saya membuat sebuah sistem informasi yang mengelola data keanggotaan santri di Yayasan Khazanah Kebajikan, sebuah pesantren yang ada di daerah Tangerang Selatan. Sistem informasi ini berbentuk web local yang dirancang menggunakan bahasa pemrograman HTML, CSS dan PHP serta menggunakan database MySQL.
    Pendidikan yang saya tempuh berlanjut ke program kuliah alih jenjang D3 ke D4 ITB – SEAMOLEC jurusan Teknik Komputer Jaringan dan Media Digital (TKJMD). Program tersebut dilaksanakan selama satu tahun; dua bulan kuliah, enam bulan pelaksanaan magang dan empat bulan proses penyusunan Tugas Akhir atau Skripsi. Banyak mahasiswa dari luar daerah yang mengikuti program ini, diantaranya mahasiswa yang berasal dari Aceh, Sumatera Barat, Malang, Pontianak, Medan, Palembang, Jogjakarta, Mojokerto, Kediri, dan daerah lainnya.
    Dua bulan pertama, kami melaksanakan kuliah di ITB – Bandung. Mata kuliah yang diajarkan terfokus pada materi bahasa pemrograman C, C++ dan C#. Kemudian, kami dikirim ke luar kota untuk pelaksanaan magang selama enam bulan, namun beberapa dari kami melaksanakan magang di Bandung. Awalnya saya memilih untuk melaksanakan magang di Kalimantan Timur, namun saya dipilihkan untuk magang di Semarang, tepatnya di Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) selama empat bulan dan selama dua bulan di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Tengah (LPMP Jateng). Selama melaksanakan magang di Polda Jateng, saya ditugaskan untuk mempersiapkan kegiatan kuliah PJJ STIK – PTIK. Sedangkan untuk magang di LPMP Jateng, saya bertugas sebagai instruktur sosialisasi Simulasi Digital kepada guru-guru yang ada di daerah jawa tengah. Magang di luar kota memberikan saya banyak pengalaman, salah satunya bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan atasan maupun orang yang lebih tua dari saya.
    Setelah proses magang, kami kembali ke Bandung untuk melaksanakan proses penyusunan Tugas Akhir. Tugas Akhir ini dibuat berkelompok, terdiri dari 3 – 4 orang per tim. Tim Tugas Akhir saya terdiri dari empat orang. Kami membahas mengenai Battlefield Management System (BMS) yang terfokus pada aplikasi Simulasi Tempur Taktis. Aplikasi Simulasi Tempur Taktis merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk memudahkan kegiatan simulasi taktis yang dilakukan oleh TNI AD.
    Pelajaran berharga yang saya dapatkan selama melaksanaan kuliah D4 adalah untuk selalu mengikhlaskan sesuatu bukan berarti kehilangan, tapi untuk mendapatkan yang lebih baik. Berbuat baik kepada orang lain dengan ikhlas, niscaya orang akan berbuat baik kepada kita. Membantu orang lain dengan tulus, maka selalu ada bantuan dari orang lain disaat kita membutuhkannya. Pelajaran lainnya yaitu mencoba tapi selalu gagal lebih baik daripada tidak mencoba sama sekali. Selalu optimis, semangat dan tersenyum dalam menjalani hidup. Allah SWT telah merencanakannya dan semua akan indah pada waktunya.

  45. Nama saya Rindriana Martasari Putri anak pertama dari empat bersaudara. Saya lahir di Surabaya pada 4 Maret 1994. Sewaktu SMK saya bersekolah di SMKN 1 Surabaya Jurusan Produksi Penyiaran Program Pertelevisian atau biasa disebut dengan Broadcasting. Di SMK setiap anak kelas 2 di tugaskan untuk magang di setiap instansi yang telah ditentukan oleh sekolah. Sudah sejak lama sekolah saya bekerja sama dengan SEAMOLEC. Jadi banyak siswa dari SMKN 1 Surabaya yang sudah dikirim untuk magang di SEAMOLEC. Namun sewaktu saya kelas 2 saya tidak di tugaskan magang di SEAMOLEC, saya di tugaskan magang di Smile Production House Surabaya. Lalu setelah saya lulus dan pada saat wisuda terdapat pengumuman bahwa ada beasiswa D3 AMIK Wahana Mandiri di Tangerang Selatan dari SEAMOLEC. Waktu itu saya masih bimbang apakah akan mengikuti program beasisw tersebut. Namun setelah saya rundingkan dengan orang tua saya. Mereka sepakat menyetujui saya mengikuti program beasiswa ini. Setelah itu saya mengikuti tes wawancara untuk masuk ke program beasiswa ini yang dilaksanakan secara jarak jauh yaitu menggunakan Skype. Saya tidak menyangka waktu itu langsung diterima dan dua hari kemudian langsung disuruh untuk datang ke SEAMOLEC. Namun karna masih harus mengurusi beberapa hal, waktu itu saya minta di undur seminggu keberangkatan ke SEAMOLEC nya. Setelah sampai di SEAMOLEC saya bertemu dengan orang-orang baru yang sangat ramah dan baik terhadap saya. Saya masuk di divisi Public Relation and Marketing. Di divisi ini saya di mendapatkan banyak ilmu dari Bu Ati, Pak Edo dan Pak Hadi. Sewaktu saya magang di divisi ini saya memperoleh banyak pengalaman yang tak terlupakan. Saya sempat beberapa kali dikirim untuk melaksanakan tugas di beberapa daerah di Indonesia. Saya pernah berkunjung ke Medan, Gorontalo, Palembang, Solo, Kediri, Bandung dan Malang. Jadi program beasiswa yang diberikan SEAMOLEC untuk D3 di AMIK Wahana Mandiri adalah kuliah sambil magang. Jadi terkadang dari pagi sampai siang saya dan teman-teman mengikuti perkuliahan di AMIK Wahana Mandiri. Lalu setelah jam makan siang sampai jam 5 sore kami magang di divisi yang telah di tentukan. Tapi terkadang juga sebaliknya. Rutinitas tersebut kami lakukan selama 2 tahun. Setelah lulus D3 di AMIK Wahana Mandiri. Lalu saya dan ke enam teman saya yang berasal dari AMIK juga mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan kuliah D4 di ITB. Saya merasa sangat senang sekali, karena memang dari SMP saya sudah menginginkan untuk bisa kuliah di ITB. Saya masuk di D4 ITB Batch 8, disini saya bertemu dengan teman-teman baru lagi. Sistem perkuliahan di D4 ITB adalah sebagai berikut ini. Jadi dua bulan kami mengikuti perkuliahan di ITB lalu dalam enam bulan selanjutnya kami ditugaskan untuk magang di instansi yang telah di tentukan. Saya mendapatkan kesempatan magang di Polda Bali selama dua bulan. Lalu untuk dua bulan selanjutnya saya magang di LPMP Bali. Setelah selesai magang lalu ada perkuliahan lagi di ITB selama empat bulan. Di dua bulan terakhir saya dan teman-teman mengerjakan tugas akhir yang telah ditentukan topiknya. Alhamdulillah pada tanggal 13 November 2014 tim saya Crayonpedia Education Ecosystem telah selesai melaksanakan sidang Tugas Akhir.

  46. Assalamualaikum wr. wb. Perkenalkan nama saya Taupik Nurhidayat, salah satu orang yang punya alasan untuk terdorong dan aktif dalam kegiatan perkembangan ICT, berlatar belakang salah satu sekolah yang pertama kali mengembangan Teknik Informatika Komersial di SMK Negeri 2 Ciamis, sejak awal berdirinya jurusan tersebut selama masa sekolah berperan aktif dalam mengelola laboratorium sekolah, kemudian terkoneksi dalam jaringan JIS yang kemudian menjadi bagian wan kota dan jaringan ICT Center kab Ciamis. setelah pendidikan selesai 2006 terus berperan aktif di ICT Center sebagai Teknisi Instalasi Perangkat di BTS yang pada saat itu sedang mengembangkan Jejaringnya berupa pendirian BTS Repeater yang menghubungkan beberapa SMP, SMK, SMA dan Madrasah dengan ICT dan Dinas Pendidikan Kab. Ciamis, Masa perkuliahan bersama dalam program Beasiswa D3TKJ BPKLN di Kampus STMIK Tasikmalaya 2006 – 2010 dengan ICT Center Ciamis, ICT Center Tasikmalaya dan ICT Center Banjar menjadi laboratorium alam untuk pengembangan kompetensi yang diperoleh dari kampus yang disinergikan dengan program Jardiknas pada saat itu, Pada sekitar tahun tersebut pula berlangsung dan dilibatkan dalam pengembangan jurusan TKJ di sekolah yang baru didirikan yaitu SMK Negeri 1 Kawali, aktifitas keseharian adalah perencana pengembangan dan instalasi kelistrikan pada bangunan baru, laboratorium baru, MRIT, dan mengembangan domain sekolah dengan alamat http://www.smkn1kawali.sch.id, serta menjadi instruktur jaringan dengan bekal ilmu praktis walaupun belum memiliki gelar akademik, kuliah D3 2006-2009 dan aktif di ICT yang kemudian harus menunda TA dan wisuda di 2010 Tahun 2011 diperjalankan ke wilayah tanggerang selatan melalui program beasiswa D4 KERMA ITB-SEAMOLEC dan terdaftar pada batch4 yang kemudian melakukan beberapa kegiatan diperjalankan ke Politeknik Batam, ke Universitas Gorontalo untuk melaksanakan beberapa kegiatan, kemudian setelah pertengahan masa perkuliahan di ITB ada hal terkait keadaan keluarga yang mengharuskan saya menghentikan sementara kegiatan kuliah perjalanan di lanjutkan melampaui kegiatan sebuah aktifitas profesional sebagai Cisco Mesh Technology Expert untuk operasional salah satu ISP yang dikelola oleh salah satu alumni STEI, pada salah satu tambang batubara wilayah kalimantan timur dan kalimantan selatan, pilihan ini diambil untuk membantu orang tua dalam meyekolahkan kedua adik sepupu yang yatim. sampai kemudian masa kerja hampir berakhir. karena niat saya sangat kuat untuk mengubah kehidupan melalui sebuah pendidikan, serta sangat kuat untuk mendapatkan legalitas untuk menjalankan cita – cita saya menjadi guru dan mengembangan ICT di tempat pekerjaan saya semula di SMK Negeri 1 Kawali maka setelah pulang dari kalimantan dengan sisa biaya perjalanan saya melanjutkan kembali kuliah yang terpotong dan masuk pada Batch8, pengembangan domain http://www.smkn1banjar.sch.id dan diperjalankan ke LPMP NTT bersama saudara seperjuangan saya dari Haidi dari Aceh. Dengan modal nekad dan keyakinan apapun yang terjadi disini saya harus menyelesaikan apa yang telah dimulai dan alhamdulillah saat ini saya telah menamatkannya di penghujung 2014, walaupun masih ada beban yang harus saya selesaikan dikemudian hari. Semoga ada perjalanan berikutnya yang mudah – mudahan menjadi bagian dari perjuangan untuk menuju indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang, sekarang di tahun 2015 ini saya kembali ke SMKN 1 Kawali untuk mulai menata kembali apa yang telah saya tinggalkan sejak 2011 – 2014, dan melanjutkan perjuangan. Semoga jalan terbaik selalu ada untuk perjalanan kehidupan.
    Terimakasih,
    Wassalamualaikum wr. wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: