Perubahan perilaku komunikasi karena teknologi

Kalau apa yg kita alami pada tahun 2010, dalam bidang komunikasi, adalah kemudahan dalam berhubungan dengansiapa saja dimana saja dengan alat bantu yg terjangkau, terutama yg tinggal di kota besar , ataupun yg mempunyai jejaring dgn operator yg hansal.
Gambar, suara bisa di kirim kemanapun di belahan dunia ini dengan mudah, sehingaa semua fihak dapat melihat visualisasi teman bicara nya, dan kondisi saat ini di daerah tersebut , baik wajah, suara, lingkungan dan apakah dalam keadaan sehat, bisa di ukur jarak jauh oleh alat yg canggih. Kemajuan teknologi ini membuat semua informasi dengan cepat menyebar keseluruh dunia. Begitu juga kondisi keuangan suatu keluarga, negara dengan cepat bisa di deteksi dengan cepat.
Bagi mereka yg bermain dgn angka dan prediksi dan menguasai informasi rttg sda/sdm, dan bisa mengolahnya, akan memudahkan utuk menjadi tren setter dan menguasai sebagian besar sda tersebut secara hukum. Bagi mereka yg tidak tahu informasi akan selalu menjadi folower atau pegawai yg baik…sd pensiun..:)….dan menjadi golongan elit…ekonomi sulit…pada saat2 tertentu.
Klo kita kembali pada era 50 thun yl,
Era thn 60 an..: tvri masih yg pertama, pada thn 62 an, dimana asian game di buka oleh presiden sukarno, dan tvri menjadi salah satu sumber info sealin radio, orang sering berbondong2 nonton bersama tvri…rsanya bgmn gitu…bgt juga pda saat badminton di inggris bisa di relay…luar biasa pada waktu itu….kompuer …ndak terdengar namanya apalagi bentuk nya kaya apa di indonesia….
Masuk era 70 an…tidak beda jauh dgn era 60 an, tapi dimana2 sdh ada radio swasta, tv sdh ada 2 channel klo tidak salah, presiden suharto masuk dalam sistem pemerintahan, dan tilpon mulai masuk dalam rumah tangga, main frame sudah mulai masuk dalam kehidupan kampus. Kartu holerit, kartu brlubang utk membaca data, sudah menjadi bagian dari kehidupan kampus…
Era 80 an, ilpon ke rumah mulai marak, hp mulai muncul, tapi harganya masih sekitar 10 jutaan, dan bentuknya guede banget..komputer main frame .internet baru mulai terdengar, komputer aple 2 e menjadi terkenal dimana2 karena praktis…kemudian masuk komputer xp dari ibm dan turunannya /jangkrik……, dan juga biaya komunikasi utk jerman ke indonesia sekitar 10 dm/menit = 15.000 an rupiah/menit..
Era 90 an, komputer makin canggih dan cepat dan hp makin kecil, biaya komunikasi makin murah..tv swasta makin banyak dan bervariasi, dan ada channel melalui satelit, keseluruh daerah
Era 2000 – sekarang, ada fb, ada twiter, ada internet, ada intranet, komunikasi antar device melalui PIN, komunikasi melalui komputer voip yg lebih mudah lagi, vicon, dll…kita bisa berkomunikasi dgn siapapun dimanapun dan kapan pun…suatu kemajuan komunikasi yg luar biasa…
Ibaratnya kita ada di dalam suatu tuangan atau adan di luar, meliaht semua info , rumah, meja, dll dalam ruanga sebai salah satu informasi yg biasa saja karena sdh merupakan keseharian…..bgt juga kalau kita berjalan di kota kabupten, kalao kita melihat pohon, rumah, jalan rusak, orang jalandlll…itu merupakan kumpulan informasi yg kita anggap biasa karena merupakan keseharian…
Sama hal nya dgn anak2 kita/generasi sekarang, melihat intenet, fb, pin emaial dll yg terkait dgn komunikasi merupakan hal yg biasa saja…karena mereka lahir pada zaman it, dimana semuanya mudah , murah dan cepat…lain dgn zaman saya waktu 40 thn an ygl…
Dengan generasi baru dgn situasi baru…kita tidak akan tahu apa yg akan trjadi dgne mereka dan dampak terhadap banjir nya informasi ini ke dalam kehidupan mereka…; tetapi interaksi antar manusai tetep di perlukan utk salng mengenal lebih baik..
Dengan teknologi seperti sat ini, tempat, jarak, bentuk info bukan suatu yg heboh…dan sulit utk di capai..; bgmn kita menyiapkan generasi sekarang..? dgn situasi sekarang…? dan mengurangi disparitas teknologi dan ketrampilan serta kesenjangan informasi ini..?
Suatu bangsa akan siap menghadapi persaingan kalu semua unsur nya mengetahui apa yg mereka harus ketahui agar bisa mengungguli lawannya…..siapkan indonesia dgn persaingan ini..?
Tidak mudah menjawab, tetapi ayo kita siapkan bersama generasi muda kita utk siap berinteraksi dgn siapapun pada level yg sama…agar ndak selalu menjadi bangsa yg kalah dalam bernegosiasi…Amien..
Kita harus sadari bahwa Indonesia itu adalah negara dan bangsa yg besar dan bermartabat….
Ayo kita buktikan dgn bekerja keras dan smart…

Iklan

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: