jerman sebuah perbandingan di bidang pendidikan

jerman adalah sebuah negara yg mengedepankan pendidikan utk semua warganya, universitas di sini utk pngembangannya di biayai oleh pemerintah pusat, tapi utk operasi dan penggajiannya di lakukan oleh ngara bagian. dimana semua operasi gaji dll nya di biayai oleh negara bagian. peningkatan kapasitas mahasiswa dengan segala konsekwensi nya..suatu contoh di negara bagian NRW. DI BERIKAN DANA 250 JUTA EURO, utk meningkatkan kapasitas mahasiswa di negara agian tersebut, pada bbrp uni …sebuah pendelegasian wewenang pada negara bagian utk memajukan ekonomi dan pendidikan di negara bagian tersebut…yg selalu terkait dengan pajak negara bagian maupun implementasi nya.. menarik utk di amati dan di bandingkan perkembangannya..

Iklan

2 Tanggapan

  1. Memang OtDa yg jauh berbeda implementasinya ya Pak ?

    Sya kira memang dibutuhkan kejujuran dan fairplay agar semangat membangun mampu mengalahkan semangat merusak.
    Pengalaman saya selama ini disono, kalaupun harus “saklek” ternyata tidak semuanya. Masih terdapat pengecualian2 dalam koridor kebijaksanaan yg sangat…sangat… terbatas…

    Memang tidak semua yg disono baik, demikian pula tidak semua yg disini jelek. Kita bisa melihat masih banyak kemiskinan di pelosok2 desa. Tapi mereka masih bisa senyum, bahkan tertawa. Rate bunuh diri di Jerman rata2 18 rb orang/tahun. Sedangkan di kita belum seheboh itu. meskipun di kota2 besar sudah mulai marak.

    Sya kira sungguh baik belajar memperbaiki berdasarkan atas/dari pengalaman buruk bangsa/negara lain dengan segala kemampuan dan keterbatasan yg ada. Semoga….

  2. betul p zaenal, banyak yg bisa kita sinergikan utk kebaikan kita, terutama dalam mensejahterakan rakyat kita melalui salah satu nya pelayanan pendidikan yg memadai maupun kesehatan yg jelas dan terjangkau….jerrman memang sudh panjang perjalanannya, dan rata2 pendidikan di sini pun juga di atas sma, bandingkan dgn rata2 pensisikan di indonesia adalah sekita 7 tahun…sekitar kelas 1 sd…ini yg harus kita dorong menjadi setingkat slta…
    ndak muda tapi perlu langkah yg konkret…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: