mahasiswa china terbanyak di jerman

dengan perubahan dan pertambahan kemakmuran di negara china, dapat dilihat dampak nya terhadap pengiriman putra-putri nya ke negara yg lebih maju pendidikan dan risetnya..sampai thn 2008 mnrt statistik resmi dari pemerintah jerman, jumlah mahasiswa asing terbanyak  di jerman adalah dari china, sekitar 24.746 mhs di ikuti oleh koreaselatan 5208, vietnam 3.671, india 3516  dan  indonesia di ranking ke 5  dgn jumlah sekitar 2400 an, di ikuti japan, taiwan dan thailand dan malaysia – sumber statische bundes amt ws 2008/2009 , dimana total  internasional student  sebesar 239.143

mengapa mereka ke jerman, karena banyak industri jerman yg di pindahkan ke china, maupun negara lainnya di asia tenggara,  sehingga banyak pekerja china yg mendapatkan dampak positip dengan ada nya industri tersebut, selain itu juga pengaruh dari teknologi tinggi dari jerman yg di adopt oleh china maupun negara lain  , menyebabkan masyarakat china mulai memikir , kemana anak nya harus di sekolahkan.

selain itu masalah peningkatan daya beli masyarakat  karena industrialissasi, selain itu juga peluang ke jerman tanpa biaya pendidikan yg mahal..menyebabkan mereka banyak yg memilih jerman. biaya pendidikan di bbrp negara bagian  sekitar 500 euro/semester = 6 juta/semerster,  pada NRW  di bebaskan dari tution fee tersebut alias gratis , biaya hidup antara 500 – 700 euro/bulan , dibandingkan dengan inggris, atau australia atau negara usa yg tution fee nya atau spp nya cukup mahal,  jerman ternyata masih merupakan pilihan yg menarik  bagi mereka yg tidak dapa masuk  pt. dengan sistem  3 tahun bsc, 2 ahun master dan 3 tahun doktor menurut kesepakatan  Bologna, akan mendorong pendidikan yg mempunyai kwalitas bagus ini bisa di ikuti dengan biaya yg relatif murah.. sebuah perbandingan dengan sistem baru bsc di jerman di selesaikan s kurang lebih 310 juta dan bila seseorang masuk ptn di indonesia memerlukan 150 – 200 juta utk mencapai sarjan pada pt terkenal, di luar pendidikan ke dokteran yg bisa mencapai 500 juta lebih utk menyelsaikan pendidikan sampai selesai..

tidak murah memang pendidikan tinggi, tapi yg memimpin dunia dan negara kebanyakan dari pendidikan tinggi…makin lengkap wawsannya yg di punyai, makin mahal pendidikannya…tinggal siapa yg membiayai..orang tua atau negara..? perlu pemikiran bersama…

tinggal peluang yg besar ini bagi negara 2 yg memerlukan orang pandai, dapat di kembangkan bersama dengan secara cerdik bagi masyarakat atau negara yg memerlukan anak2 pandai dlm jangka panjang..

siapa cerdik dia yg akan survive dalam persaingan yg ketat dimana pun juga dia berada….seberapa cerdik kita…anda utk menyekolahkan anggota keluarga kita agar siap bersaing dan mendapatkan penghidupan yg layak..?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: