merauke suatu daerah harapan yg perlu dikembangkan sdm nya

merauke adalah salah satu kota di timur indonesia , dimana pada daerah ini ada sekitar 300.000 an penduduk, dimana sekitar lebih dari 75 % adalah pendatang dari berbagai daerah.
selain itu juga daerah ini relatif berkembang dengan cepat di bandingkan dengan daerah lainnya di papua, hal ini karenaadanya transmigrasi dll. sejak thn 1977 dimana saya mulai aktif di daerah ini, perkembangannya signifikan sekali, dimana banyak bangunan sekolah, kecamatan baru, dengan infrastrukturnya yg bagus, juga dengan mulai masuknya industri perkebunan ataupun rice estate maupun lainnya…

yg jelas uni versitas musamus yg dulunya di bangun oleh pemda kabupaten merauke, sejak thn 2011 klo nggak salah, menjadi univ negeri, dan di biayai oleh kemdiknas.

hal ini penting sekli karena program2 pemerintah pusat akan dengan cepat mengalir pada uni musamus tersebut, dn akibatnya banyak pembaruan yg terjadi, serta kita bisa kembangkan juga percepatan pembangunan sdm di indonesia timur ini.

salah satu guru di smk sota , maupun bbrp guru dari smkn di merauke sdh kita kirim ke p jawa ke pens, itb, maupun uni lainnya utk membangun daerah mereka melalui pendidikan tinggi di Merauke.

hal ini akan lebih cepat lagi perrtumbuhannya, bial sdm di sini, makin baik knowledge dan skill nya, melalui aliansi antara pt di merauke dan pt di sulawesi maupun di jawa..

sehingga makin banyak anak2 daerah yg makin pandai serta mereka akan kembali membangun daerahnya sesuai dengan perkembangan jaman.

mereka juga akan mengerti dan menerapkan efisiensi serta optimalisasi dari sda maupun sdm di daerah mereka, sehingga produktifitas nya makin tinggi.

negara tentangga, png, perlu kita bantu utk mendidik putra putri mereka yg ada di perbatasan, perbatasan yad harus di jaga dengan hati, di jaga oleh anak2 bangsa indonesia maupun png yg sdh saling kenal di masa pendidikan mereka di sota , boven digul mupun skow ataupun tempat lainnya… banyak hal yg perlu kit bantu utk kemajuan daerah tersebut.

bila uni musamus punya 5 – 10 sub kampus yg tersebar di kecamatan kab merauke, serta di kabupaten lainnya disekitar merauke, akan terjadi peningkatan sdm lokal secara terus menerus, termasuk peningkatan kwalitas sdm lokal nya.

daerah ini memang sulit di capa serta serba kekurangan, tetapi bial hal ini bisa kita atasi bersama, akan menjadi lebih ringan pembangunan di indonesia ini.

pembangunan sdm ini yg terpenting dalam membangun suatu kawasan, tanpa kita menyiapkan secara sistematis sdm yg berkwalitas akan menyebabkan daerh ini tetep terpuruk dan tertinggal dibandingkan daerah lain..

ayo kita bangun daerah timur dengan contoh yg konkret…..

Iklan

4 Tanggapan

  1. menurut saya sbetulny tdk hny indonesia bagian timur aja, tapi msh bnyk daerah2 diluar jawa terutama daerah pedalaman yg memang harus digarap secara serius sdm nya. Kalau jaman dahulu ada istilah teknologi tepat guna tapi untuk saat ini saya hmpir tdk prnh mendengar istilah tersebut. Yg jd pertanyaan saya mengapa ilmu2 sprt itu tdk pernh dimasukkan dlm kurikulum sekolah? Sebagai contoh membuat air bersih dari air sungai dsb.
    Ilmu2 sederhana yg mengajarkn kita untuk bisa bertahan hidup dan bisa membangun daerah tmpt tinggalny.
    Th 2010 saya sekedar jalan2 didaerah trans diwilayah kalsel, dan yg sangat ironis sekali hampir 40% pendudukny meninggalkan tempat tinggal mereka. Mereka tdk bisa bertahan hidup dg lingkungan baru mereka, ketika saya cari tahu permasalahan nyata sekali bahwa mrk tidak tahu dengan apa yg harus dilakukan. Untuk sekedar air bersih aja mereka sdh kebingungan, padahal didaerah mereka smpat saya temui anak2 yg statusnya pelajar. Cuman mengapa mereka seolah tdk tau apa yg harus dilakukan.
    Kesimpulan saya adalah sangat diperlukan peningkatan sdm yg tdk hanya strategi membuka pekerjaan baru atau menjadi pekerja disebuah institusi tapi strategi untuk bertahan hidup secara layak dan strategi membangun lingkungan tempat tinggal dia. Dan itu tidak pernah saya temui didalam kurikulum pendidikn kita.

    • p rakhmat terimakasih masukannya, memang sekarang kita sekolh kayaknya jauh dari kehidupan sehari-hari, dan semuanya di kontrol oleh pusat dan tidak semuanya yg dari pusat sesuai dengan kebutuhan daerah, memang harus ada perubahan secara bertahap terhadap kurikulum sd, smp dan sma atau smk, tertuma utk implementasi teknologi tepat guna…

      kalo suplemen biologi misalnya di ajarkan cara beternak kambing dan di catat produktifitasnya selama 3 tahun, lama2 anak2 kita kan jago beternak kambing atau ayam atau bebek ataupun lainnya, dimana kebutuhan itu bisa di penuhi oleh linggkungannya dari ilmu yg di ajarkan oleh sekolah.

      perhatian dari kadinas [ro[insi , kabupaten thd ilmu apa yg harus di ajarkan oleh mereka selma belajar, ini yg perlu di galakkan ….
      berguna utk lingkungan ini akan mendorong mereka mencari penyelesaian masalah2 yg ada di suatu daerah, karena mereka lebih terpelajar maupun lebbih tahu daripada mereka yg ada di lapangan…

      ini tantangan kita bersama apakah 10 % kurikulumnya berbasis produksi serta penyelesaian masalah lingkungan maupun utk bertahan hidup……

      ayo kita garap bersama …

  2. kembangkan daerah transmigrasi yang berpola “bhinneka tunggal ika” , jangan ada “dominasi” oleh suku-suku tertentu

    juga manfaatkan potensi kuda,
    http://postimage.org/gallery/psjg7cu/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: