perjalanan cc 2001> pvb 2010 > ak 2011

pada awal tahun 2000 an, mendikans pda saat itu pak Malik Fadjar menginstruksikan utk mengembangkan pengembangan community college, pada tahun 2001 an, di siapkan oleh direktorat dikmenjur , dikdasmen dan saat itu dn direktorat akademi dikti.
dalam perjalannya selama 5 tahun , ada bbrpa ppt bergabung dgn dikmenjur utk menjalankan program 1 tahun setelah smk ini , dan di dapat sertifikat setara d1.
PENS,polman, bbrp univ bergabung dengan dikmenjur utk menjalankan dengan pola kerjasama dengan sub kampus di smk. begitu juga dengan industri bergabung bersama smk utk melatih 1 tahun program2 setara d1 ini….


dalam perjalanannya, selama 5 tahun, terlah terslenggara cc di 105 lokasi, dimana cc ini di ampu oleh pt maupun industri maupun masyarakat.
sd dengan 2005 berjalan dengan baik, ada yg tenggelam ada yg bertahan dari ke 105 tersebut..
tahun 2006, karena perubahan menteri dan dirjen di dikdasmen, berubah menjadi carier center..pada bberapa smk tetep menjadi community college.
pada propinsi jatim , di beri beasiswa utk 2000 mhs setiap tahun, pada daerah jateng, di beri bantuan modal oleh dinas pendidikan propinsi.
di jawa timur, berkembang dengan pesat di bawah bimbingan PENS, mulai dari 10 cc di 10 kabupaen, kemudian berkembang menjadi 19 cc pada thn 2009 dan sekarang menjadi 42 sub kampus.

pada thn 2009, di instruksikan cc utk di aktifkan lagi dibawah dikti oleh p Nuh mendiknas, persiapan dilakukan dengan mengundang 54 pt utk mendengarkan penjelasan dari DIKTI dan juga best practice dari PENS dan POLMAN.
sosialisasi dilakukan pada bulan juli 26 2010 di dikti di hadapan 54 pt , 25 kadinas propinsi , kemudian dilakukan juga awal febuari 2011 utk gelombang ke 2 di hadapan 48 an PT dan 33 kadinas pendidikan propinsi.
semua presentasi dapat dilihat di slideshare.net/gatothp2010, baik yg 2010 maupun 2011.

sambil menunggu terbitnya permen ttg pjj dan pvb , di buat edaran surat dirjen dikti utk menyiapkan bbrp pt yg bersedia mendorong pengembngan program pvb ini, nama pvb = pendidikan vokasi berkelanjutan ini muncul pada saat diskusi dengan kawan2 biro hukumdan dikti dan bbrp tim, utk mengembangkan apa nama indonesia nya utk d1 ini..yg bhs inggrisnya seamless vocational education….> akhir nya di sepakati pada akhir tahun 2010 nama pvb.
dalam perjalan waktu awal 2011, sedang di fikirkan adanya uu pt utk melengkapi uu sisdiknas yg terdahulu, p dirjen dikti p djoko santoso memberi nama cc /pvb menjadi akademi komunitas dan 2 tahun > d1 dan d2.

semester 2 2011, dapat di adakan program survey serta feasibility study utk akademi komunitas ini di 45 kabupaten, maupun di 5 industri dan 6 p4tk.
sampai saat ini, maret 2012, persiapan utk menyiapkan 20 akademi komunitas sedang berproses, dan uu pt juga seedang di uji publik, mudah2an awal april bisa di undanggkan.
di harapkan nama akademi komunitas ini akan menjadi salah satu bentuk lembaga pendidikan d2 , dan ada minimal 1 eisetiap kabupaten, yg mempunyai fleksibilitas tinggi utk mengugrade karyawan, masyarakat di kabupaten kota tersebut dalam meningkatkan pengetahuan dan skil nya…
di tahun 2014 , di harapak ada 269 akademi komunitas terbentuk, dimana setiap ak, mempunyai sd 4000 mahasiswa.

perjalanan utk menolong anak kwadran ke 4 masih jauh, tapi kita sdh menapak bersama dan mulai melangkah dengan pasti dengan aturan yg jelas dan hak dan kewajiban baik penyelenggara maupun mahasiswa yg lebih baik.
karena mereka di ijinkan utk dapa meneruskan ke d3 dan d4 bila telah lulus di AK, sehingga makin bnyak anak2 indonesia yg bisa kuliah dengan biaya yg terjangkau..Amien

ayo kita bantu dan percepat terbentuknya akademi comunitas neeri maupun pemda maupun industri maupun masyarakat…
SEAMOLEC, memfasilitasi sistem pendidikan jarak jauh nya maupun sosialisasi di setiap propinsi, agar program ini dapat di mengerti oleh masyarakat pendidikan setempat…. perjalanan masih panjang, jauh, dan banyak tikungan dan tanjakan…dengan sinergi bersama dan kesadaran bersama bahwa kita adalah bangsa yg besar . semoga indonesia di masa mendatang bisa membuat masyarakatnya makin makmur. Amien.

ayo kita kerjakan bersama ya..aku tunggu sinergi anda utk menolong anak2 disekitar kita makin pandai dan makin maju…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: