teori + kompetensi + rupiah = technopreuneur

istilah baru ini kita temukan dari percobaan selama beberapa tahun, bersama kegiatan2 yg terkait dengan pemboran yg kita alami sendiri, maupun dengan game tech dari d3 ke d4, utk mulai dari angkatan ke 3 ,4 dan 5…yg kita kembangkan di ITB bersama seamolec.

pola ini terjadi karena kita melihat pendidikan kecenderungan mendidik anak2 menjadi tukang insinyur, dimanapun levelnya. banyak bakat yg muncul sendiri utk menjadi individu yg mandiri, hal ini terjadi karena kondisi yg terpaksa, ataupun kondisi2 yg mengharuskan seseorang itu survive dalam kehidupannya, atau memang mereka punya bakat wirausaha ataupun dilatih sejak kecil seperti yg terjadi dari beberapa etnik tertentu.

kita ingin membangun dan mendorong anak2 yg mempunyai talenta dan passion ke arah technopreuneur menjadi dirinya, dan dapat membuka lapangan kerja utk dirinya sendiri maupun utk orang lain di sekitar lingkungannya.

utk hal tersebut sedang kita teliti dan kita coba terus bagaimana mendapatkan mereka2 yg berbakat menjadi mandiri, serta motivasi apa yg bisa menorong mereka berkembang menjadi lebih baik.. di masa mendatang.

kita ingin anak2 yg tahu akan potensi dirinya, potensi sekelilingnya baik sdm, sda, sdkeuangan atau sd lainnya, utk di latih menggabungkan hal tersebut menjadi sesuatu yg lebih baik, lebih besar, lebih efisien, lebih murah, lebih cepat dan lebih2 lainnya, agar kelompok yg menemukan hal ini menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

suatu proses apapun , selalu berdasarkan teori….kemudian di implementasikan utk menjadi suatu yg ahli atau kompeten di bidang nya. dan ini akan bermanfaat bila kita bisa mentransfer ilmu/teori ini, serta kompeten membuatnya dengan efisien dan merubah menjadi rupiah….yg bisa kita hitung, coba atau eksplorasi berdasarkan kebutuhan pasar…

apapun bidang nya, menurut kami, 3 hal ini sebaiknya di pikirkan oleh siapapun yg akan belajar utk hidup dari ilmu yg di pelajari tersebut, kecuali kalau utk hobbi saja.. beda pendekatannya..

banyak hal akan kita kembangkan, usaha jasa restaurant, pembibitan lele, makanan kecil, makanan utk sarapan ataupun makasan siang…atau malam.

khusus utk makanan, yg harus di dorong adalah mereka yg sdh berpengalaman lebih dari 5 tahun mengelola suatu warung atau produk, di dorong mempunyai cabang secara cepat, dan juga dicari sdm yg sesuai dengan mereka..

mencari seseorang yg berbakat adalah tidak mudah…mendidik dan mendampingi agar ybs bisa menjadi duplikat dari suatu ke ahlian juga perlu kesabaran…menunjukkan kompetensi seseorang dapat di nilai oleh masyarakat dengan menghargai produk nya…perlu pendampingan yg lama…tapi ini bisa kalau kita mau..

ayo kita siapkan sdm yg akan menjadi entrupreuner di masa mendatang.. yg tahan banting, tabah, ulet dan tekun…

ayo gabung dengan kelompok technopreuneur …lihat info awal di http://www.youtube.com/gatothp2011….

anda lihat program ini juga di jatinangor2010.wordpress.com
pondokcabe2012.blogsopts.com

ada bbrp lingk yg saya coba masukkan al. :

http://kelompok24itbseamolecb5.wordpress.com/2012/01/05/pengalaman-berjualan/

http://jatinangor2010.wordpress.com/2010/10/27/update-technopreneur-minggu-iii-oktober-2010/

dan bbrp link yg anda bisa cari dlm blog tersebut.

program ini akan kita kristalisasikan utk siswa SMK/SMA maupun mahasiswa D1/D2/D4/S2 yg bergabung dengan program SEAMOLEC…

Ini salah satu upaya kita mencari dan mendidik anak2 yg berbakat menjadi entreupreuner danm mandiri serta mendorong mereka utk bermimpi menjadi juragan atas dirinya sendiri..

ayo kita kembangkan bersama……..
bandung 18 mei 2012 – pasirlayung – sambil menikmati libur panjang..:)

selamat bergabung

Iklan

20 Tanggapan

  1. Dagang pulpen? Dahsyat…
    http://beurlove.blogspot.com/2012/07/10x-rupiah.html

  2. tidak ada yang tidak mungkin. example: jualan bolpain 🙂

    http://stevatuniyati.blogspot.com/

  3. Jualan bolpen dan pena dengan harga setinggi-tinginya !! Hmmmhhh,, hebat ..
    http://nastifajrin.wordpress.com/2012/07/14/outbound-di-pondok-cabe/

  4. kegiatan yang aneh, tapi luar biasa….^_^

  5. Berlatih untuk mengembangkan usaha sendiri. 🙂
    http://mangaranto.wordpress.com/2012/07/16/outbond-di-seamolec/

  6. Sesuatu sekali. anehnya selama outbond harus jual dengan menghasilkan rupiah sebesar mungkin, apapun itu caranya yang penting halal. sungguh sangat luar biasa…

  7. Tidak ada yang tidak mungkin didunia ini selagi kita mau berusaha dan berdoa,,,,hal ini saya alami sendiri sewaktu outbond di Seamolec pulpen yg modalnya sedikit, bisa terjual dengan harga ratusan ribu…ini benar2 pelajaran yg berharga…

  8. “Mengutip perkataan dari Om Mario,
    Jangan takut untuk mencoba, karena ketakutan itulah hambatan sesungguhnya dari sebuah kesuksesan kita”.
    Salam Super! 🙂

  9. Saya setuju, pola pokir harus dirubah dari sekarang, mendidik anak harus sesuai dengan keahliannnya sehingga dengan mudah dapat diarahkan, sehingga mennjadi pribadi yang mandiri.

  10. technopreneur mengajarkan ttg kemandirian dan untuk mnjadi technopreneur harus berani mencoba, dan bekerja keras agar kesuksesn dapat di capai … dan dengan technopreneur kita bukan hanya menciptakan lapangan kerja buat diri kita sendiri tapi bisa membuka lapangan pekerjaan. saya selalu inget kalimat Man Jadda Wa Jadda …Dimana ada usaha disana ada jalan.

    Note : ayo kita siapkan sdm yg akan menjadi entrupreuner di masa mendatang.. yg tahan banting, tabah, ulet dan tekun…

    http://ebycidi06.blogspot.com/2013/02/man-jadda-wa-jadda-never-lie.html

  11. Asslm. wr.wb

    Menurut saya outbond kali ini berbeda dengan pemikiran saya sebelum ke seamolec, awal saya berpikir kalau outbond nya itu kita pergi keluar (jalan-jalan). Namun ternyata hari pertama saya outbond , saya menyesuaikan diri karna pada awal masuk ruang oubond disana hanya saya yang wanita teman wanita lain nya belum datang.
    Pada saat di Seamolec saya menjadi wakil dari UNPAD (Universitas Padjdjaran). Awal mulai outbond disana kita diperintahkan untuk menjual sebuah pena yang harga nya 1000 menjadi diatas harga sebenarnya. Saya pun menjual pena sampai seharga 50.000 untuk satu pena. Dan untuk saya, ini adalah pengalaman pertama saya menjual barang dengan harga tinggi untuk barang yang harga nya di bawah harga barang yang saya jual.

    Menurut saya technopreuneur itu adalah seorang entrepreneur yang menggunakan aspek teknologi sebagai keunggulannya.Antara technopreneur dan entrepreneur keduanya memiliki persamaan yaitu peduli profit. Namun seorang technopreneur juga harus peduli teknologi. Bentuk keperduliannya itu bisa berupa pengembangan ide-ide invensi yang ada menjadi solusi teknis teruji melalui riset-riset.

  12. yang di butuhkan indonesia saat ini adalah para pemuda yang memiliki jiwa entrepreneurship, karena untuk membangun negara yang kokoh dibutuhkan para pengusaha. dan jiwa entrepreneurship tidak dengan mudah di bentuk,tetapi butuh proses yang panjang. apalagi dengan menyatukan ilmu teknologi dan enterpreneurship.

  13. Saya setuju dengan merubah pola pikir dalam mendidik anak, agar sesuai dengan keahliannya masing-masing untuk mencapai suatu hobi atau bakat yang dipunyainya. Sehingga dapat menjadi pribadi yang mandiri.

    Hobi yang secara terus-menerus dilakukan sampai menjadi kebiasaan akan menjadikan suatu bakat dari anak itu sendiri. Menurut Ridwan Kamil Pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar. sesuai dengan pendapat Ridwan Kamil sebuah Hobi dari anak tersebut dapat membentuk jiwa entrepreneur maupun technopreneur, Karena seseorang jika sudah hobi dalam mengerjakan suatu hal akan memiliki ide-ide lebih kreatif dari pada orang yang tidak menjadikannya suatu hobi atau kesenangan dalam pekerjaan itu. Ide-ide tersebut akan lebih baik lagi jika bermanfaat bagi orang lain. Maka entrepreneur maupun technopreneur lebih baik diterapkan bagi dirinya dalam mengembangkan Ide-ide kreatif tersebut dibanding bekerja di perusahaan orang lain yang hasilnya untuk orang lain.

    Sekian pendapat saya Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: