trend pendidikan di Eropah – jerman

dalam perjalanan minggu ke 2  di jerman, dan berdiskusi dengan beberapa kelompok profesor maupun fachhoch schulle, dan industri , banyak hal yg menarik kenapa jerman bertahan di posisi bagus dalam hal ekonomi dibandingkan dengan negara lain di eropah, alah satu kesimpulan pribadi al.:

1.kultur masyarakat yg taat asa, dengan segala macam peraturan yg di taatidengan baik dan di jalankan dengan baik, dan malu kalau melanggar , merupakan modal yg luar bisasa dalam krisis eropah.

mis  Ibu Merkel tetep bersikukuh, disiplin anggaran di negaranya, maupun negara2 lain di eropah bila ingin di tolong oleh EU. ini tercermin dalam kehidupan sehari- hari masyarakatnya.; mungkin ini karakter yg tertanam dengan baik sepanjang lebih dari 100 tahun.

2.kenapa jerman ikut perang dunia 1, kalah dan buat perang dunia ke 2 ?, mereka kelebihan energi, karena sistem yg tertata rapi, dan di dukung oleh disiplin yg tinggi merata keseluruh negara, kebetulan di baawah pimpinan yg cukup ambisus Hitler, maka bergerak lah semua komponen dengan cepatt menaklukan eropah.

salah satu kesalahannya adalah pergi ke Rusia, terlalu lusa yg ingin di kuasai.; tapi dari 2 femnomena tersebbut, kita bisa meliha modal sosial yg dimiliki oleh germanen – bangsa jerman menghadapi negara tetangganya..

kita lihat thn 89 penyatuan jerman, dimana setelah lebih dr 40 thun di lemahkan dengan membagi 2 negara tersebut oleh sekutu,  sekarang mereka solid, dan tidak mau mengulangi kesalahan perang fisik, tapi mereka menyatukan matauang, euro, menurt saya bentuk perang yg cerdik, tanpa fisik, seluruh eropah dalam 1 mata uang, walaupun dengan kebebasan  terbatas. tapi penetrasi teknologi maupun produk2 jerman bisa dengan mudah dipasarkan kemanapun tanpa hambatan yg berarti..artinya ekomomi nya amkin kuat, karena mengontrol negra lain dalam bentuk perdagangan.

mereka cukup agresif dalam ekspansi dagang, dengan metoda baru,dan di dukung oleh pemerintahnya utk membuka lapangan kerja baru di luar negeri.

3.lembaga pendidikannya melakukan inernasionalisasi, dimana menyiapkan mhs nya utk pergi ke ln, dan belajar kultur negara lain, agar produk2nya bisa masuk juga di negara tersebut , melalui generasi muda…menarik..bgmn dgn indonesia..? ini tantangan kita bersama.

4.aliansi sedang terjadi dimana-mana, dalam menghadapi perubahan ekonomi, serta persaingan yg keras, utk penetrasi kedalam suatu negara atau masyarakat. bgt juga di dunia pendidikan, kontrol kwalitas pendidikan yg tinggi , akan berpengaruh terhadap produk yg di hasilkan, sempurna, tuntas dan kwalittas bagus..resiko memang di ongkos produksi, tetepi kita sdh lihat barang kwalitas bagus, juga tahan lama. danmembuat proses menjadi lebih efisien..

5.indonesia, sedang berusaha utntuk memadukan engine pendidikan di patnerkan dengan jerman, agar pengaruh kwalitas dapat dilakukan dengan bbaik, sehingga di hasilkan sdm yg bagus, selain itu mendorong sebanyak mungkin aliansi antar lembaga pt, sehingga makin banyak anak indonesia terjangkau mendapatkan pendidikan yg bagus. karena pembiayaan yg cukup tinggi dan masif dari negara utk lembaga pendidikannya akan menyebabkan mereka berlomba dalam berbuat yg terbaik.

6.sdm banyak yg baik serta produksi sdm juga terukur dan cepat, sehingga lapangan tersedia sdm yg bagus dan mempunyai disiplin tinggi serta tahu akan ilmunya, dan mereka tahu akan akibat dari suatu kesalahan dalam jangka panjangnya. sehingga harus sempurna.

aliansi, aliansi dan aliansi kunci percepatan menuju yg lebih baik lagi bagi bangsa indonesia..

 

Iklan

Satu Tanggapan

  1. kita harus start darimana ya Pak? rasa2nya kok susaaaahhh bangettt…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: