energi utk rakyat indonesia

dear all,
kalau pemnerintah sudah berhasil mendorong investor utk membangun smelter utk bahan mineral yg akan di eksport, kenapa tidak kita buat rakyat kita makmur dengan semua investor tambang batu bara dan gas yg menjadi kekayaan indonesia, bisa di bagi ke rakyat berupa energi listrik.

kenapa listrik, karena bisa di bagikan secara merata ke banyak orang, dn punya maanfaat yg besar bagi mereka yg memerlukan, selain itu juga bisa mendorong semakin banyak masyarakat yg makin pandai…

tapi ide ini tidak mudah. karn bbanyak yg terusik kepentingannya, tetapi bila kita ingin menjadi kan bangsa ini makin kuat dan kokoh dan tidak selalu tertinggal, ini salah satu alternatif..utk merebut kebesaran dan ke banggaan kita sebagai bangsa yg besar..

Iklan

2 Tanggapan

  1. Pak Gatot, semangat pagi
    Pada kesempatan ini saya meyampaikan Selamat Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Bathin…….

    Menurut saya pengelolaan hasil tambang/kekayaan Alam/Hasil Bumi Indonesia memang sangat memprihatinkan…….
    Dari mulai kayu (Log), emas, tembaga, timah dsb demikian banyaknya yang sudah keluar dari Indonesia tetapi hasilnya masih belum bahkan sangat jauh dari target untuk mensejahterakan rakyat Indonesia bahkan dampak yang pasti dan sudah terjadi adalah kerusakan lingkungan yang justru semangkin menyengsarakan rakyat Indonesia…………………………………

    Demikian pula dengan sumber daya energi yang kita miliki, berapa juta barrel minyak telah keluar dari Bumi Indonesia…..tetapi sampai sekarang masih banyak daerah-daerah yang kekurangan bahan bakar minyak….

    Berjuta-juta ton Batu Bara telah digali keluar dari bumi kita, tetapi listrik dibanyak tempat masih byar – pet ??
    Padahal kita tahu bahwa besaran jumlah listrik per capita berkaitan dengan besaran angka kesejahteraan suatu bangsa.
    Yang pasti kita dapat hanyalah kerusakan hutan dan lingkungan dan banyaknya lubang-lubang menganga yang dibiarkan begitu saja…….. sungguh sangat memprihatinkan…………..

    Teman saya di ESDM mengatakan saat ini hanya sekitar 20% dari produksi Batu Bara yang dijual didalam negri dan sebagian besar sisanya sekitar 80% di-ekspor……sehingga tentunya jelas tenaga Listrik kita (PLN) tidak mendapatkan bahan baku energi yang cukup murah (batu bara) sehingga performance mereka cukup memprihatinkan…..
    Para pengusaha Batu Bara lebih memilih menjualnya keluar negri karena harganya jauh lebih bagus dan menguntungkan….
    Hukum ekonomi yang berlaku disini apalagi saya yakin cukup banyak saham2 perusahaan batu bara kita dimiliki perusahaan asing sehingga mau tidak mau hukum pasar yang berlaku.

    Saat ini sejak setahun lalu harga batu bara merosot terus…..hal ini tidak saja karena krisis di Eropa, stock Batu Bara dipelabuhan2 China melimpah, booming ekonomi di China sudah sampai pada puncaknya dsb- dsb…..tetapi juga karena Amerika telah mulai menemukan (?) cadangan Gasnya dan telah mulai meng-eksplorasinya sehingga beberapa bulan lalu harganya sempat turun sampai $2 / million BTU dan sampi sekarang masih relatif rendah …seheingga Amerika mulai lebih banyak menggunakan Gasnya dibandingkan batu bara untuk tenaga listriknya dan mulai mengekspor sebagian batu baranya….sehingga tentunya ikut menurunkan harga batu bara….

    Saya membaca pula di artikel yang mengatakan bahwa Kanada dan China mulai besar2an menginvestasikan dananya untuk mengeksporasi gas dinegara mereka yang relattif lebih murah dan ramah lingkungan dibandingkan batu bara….jadi kelihatannya harga batu bara kedepannya akan semangkin turun..??

    Dalam konfrensinya di Kuala Lumpur beberapa waktu lalu Badan Energy Internasional (IEA) mengatakan bahwa dalam 5 tahun mendatang China akan meningkatkan konsumsi Gas-nya sampai 2 kali lipat….!!

    Saat ini sudah cukup banyak perusahaan yang kesulitan akibat dari turunnya harga batu bara ini, tidak saja di Indonesia tetapi juga di Australia…..beberapa perusahaan di Kalimantan telah mengurangi produksinya dan ada yang mulai mengurangi karyawan dan perralatannya……

    Minggu lalu saya membaca artikel di Coal Week yang mengutip Jakarta Post mengatakan bahwa sektor tenaga kerja tambang batu bara dalam ancaman – akibat dari turunnya harga batu bara tsb.
    Hal ini bila terjadi tentunya akan menimbulkan efek domino pada sektor lain…….

    Sehingga memang keadaan ini menjadi sangat dilematis……..

    Teman saya orang India mengatakan bahwa di India Batu Bara hanya ditambang oleh perusahaan negara sedangkan swasta tidak boleh melakukan penambangan sehingga pengelolaan /penambangan/ penggunaan Batu Bara ini lebih terkontrol (?), …..itulah sebanya cukup banyak perusahaan India yang menanamkan sahamnya dan mencari batu bara di Indonesia ?

    Apa yang harus kita lakukan…………??

    Mungkin ada yang akan mengatakan ini hanyalah hayalan tetapi menurut saya sudah saatnya kita membangkitkan lagi semangat
    para pendiri bangsa ini …………………………….
    Komitmen, idealisme , patriotisme, nasionalisme, pengorbanan, perjuangan dan kepemimpan yang memberikan contoh nyata untuk hidup sederhana dan menjauhkan diri dari sifat materialistis yang sekarang terlihat meraja lela baik dari kalangan atas maupun bawah……………….harus segera ditimbulkan kembali……

    Siapa yang harus mulai…..?
    Tentunya kita sendiri………..dan harus sekarang dimulainya….

    Semoga………….kita diberi kekuatan oleh Allah SWT

    Salam Untung Sugiarto

  2. Semoga pengambil kebijakan.bisa.faham ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: